Friday 16 August 2013

Lontong Sayur

Bismillahirrahmanirrahim..
Telah berlalu bulanramadhan, bulan yang penuh dengan berkah..Semoga Allah memberikan kepada kita kesempatan untuk dapat bertemu dengan ramadhan di tahun depan aaamiiiin YRA...
Dengan kerendahan hati izinkan kami sekeluarga mohon maaf  lahir dan batin atas segala khilaf yang telah dilakukan Happy Ied 1434 semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT aaamiiin YRA..

Lontong Sayur minimalis :)
Lontong sayur ini request dari juragan, emang diniatin juga sih mau bikin lontong...secara lebih suka makan lontong dari pada ketupat. Alasan utamanya sih ga bisa bikin ketupatnya hahahaha..

Disebut minimalis karena lontong sayur ini sebagai pelengkapnya hanya pake rendang dan telur rebus saja, untuk sayurnya juga hanya kacang panjang dan wortel doang dengan sedikit dagingehhehe..edisi males mau bikin yang lain. Lagian juragan di rumah suka bingung klo dimasakin banyak macem..ntar yang dimakan juga hanya 1-2 lauk aj..*ngeleeees wkwkwkkw.. 

Nyari daun pisangnya juga butuh perjuangan, di sini daun pisang mahal,selain itu satu ikat juga dikiiit banget..jadinya usaha dikit untuk mendapatkan daun pisang yang banyak dan berdaun besar ini. Sambil menyelam minum air kira2 gitu deh peribahasanya, sambil jalan2 (*bekal pisau juga loh dari rumah ;) ) sambil liat kanan kiri siapa tau ada pohon pisang liar yang tumbuh di jalan..
Alhamdulillah pas jalan ke kantor suami yang memang banyak pohon-pohon ada juga serumpunan pohon pisang..wuuuih ga pake nunggu lama2 langsung aj berhenti.
Dasarnya emang rezeki kali ya..kebetulan juga ada orang yang lagi ngambil jantung pisang..sekalian aj minta ambilin..heheh jadinya ga perlu susah2 buat ngambil daun pisangnya..:)

Alhamdulillah setelah bersusah payah untuk mendapatkan daun pisang dan mesti sabar juga buat merebusnya yang memakan waktu cukup lama sekitar 3-4 jam..tapi bisa ditinggal tidur kok hehehhe..*panci gede buat ngerebusnya juga boleh dapet pinjaman dari tetangga..:D

Tips.. 
Untuk menghindari agar lontong tidak jebol atau pecah pada saat direbus, bisa disiasati dengan mengikat lontong sebelum direbus dengan menggunakan tali rafia atau lainnya...*pengalaman pribadi nih suka pecah jadinya banyak yang kebuang deh lontongnya hiiks
 
Selamat menikmati...:)

No comments: