Friday, 30 August 2013

Puding Busa Merah Putih with Orange Vla

Bismillahirrahmanirrahiiim...

 Berbeda tempat, berbeda pula tata cara dalam merayakan Iedul Fitri. Setiap tempat mempunyai keunikan sendiri, seperti sekarang ini, ini adalah lebaran pertama kami di Johor. Dalam merayakan lebaran ada satu yang belum pernah saya temui ketika berlebaran di negeri sendiri.


Tradisi open house atau yang lebih dikenal dengan rumah terbuka. Dan ini berlaku bagi siapa saja tapi tanpa ada paksaan atau kewajiban. Bisa dibilang hampir tiap hari selama masih bulan syawal akan banyak undangan rumah terbuka. daan yang pasti ujung2nya makan-makan hehehhe

Hari ini saya diundang tetangga komplek untuk rumah terbuka, saya ingin membawa sesuatu untuk dibawa. Niat awalnya sih ingin bikin orange cheese cake, sacara di rumah ada banyak lemon yang belum dimanfaatkan alias masih menjadi penghuni kulkas dengan setia.

 Sebelum disiram vla

Tapi pas buka FB, ada yang posting puding busa orange waah jadi ngiler juga pengen bikin. Rencananya ingin diberi orange vla wuuuuh dah kebayang  segernya ...eeehmmm baunya udah kecium nih haruuuum. Cek bahan-bahan semuanya ada ya udah akhirnya pilihannya bikin puding buat cuci mulut hehehhe..

Karena masih bulan agustus dan masih ada bau-bau kemerdeaan, kebetulan juga hari kemerdekaan Malaysia jatuh pada esok hari yaitu tanggal 30 Agustus jadinya puding kali ini temanya merah putih...Indonesia..teteeeuuuuup  merdeka..:)

Untuk orange vlanya saya nyontek di sini sedangkan untuk resep pudingnya  di sini saya nyontek tapi saya kutak katik sedikit..aaaah senangnya kok utak atik aj hehehheh..
Vlanya asem asem seger karena saya ganti orangenya dengan lemon...segeeeer banget ;)

Setelah disiram vla 
Resep Puding Busa Merah Putih with Vla Vanila
By Yuyun Bunda Avis

Bahan-bahan

Bahan I:
  • 500 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 60 gram gula pasir 
  • 100 gram selai strawberry 

Bahan II:
  • 500 ml susu cair
  • 50 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 100 gram putih telur atau 3 butir putih telur
  • 1/8 sendok teh garam
  • 50 gram gula pasir 

Bahan Vla :
  • 250 ml susu cair
  • 125 ml sari jeruk *saya pake air jeruk lemon
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdm maizena
  • 2 sdm air










  • 200 mili liter susu cair
  • 125 gram sari jeruk
  • 50 gram gula kastor
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan 
  • 2 sendok makan air
  • ½ sendok teh pewarna orange
  • - See more at: http://www.hatnu.net/2013/08/resep-bolu-gulung-lapis-vla-jeruk.html#sthash.7j3z8RWm.dpuf
      Cara membuat:
    1. Bahan I, rebus air, Campur rata gula pasir, agar-agar bubuk, masukkan ke dalam air sambil diaduk sampai mendidih. 
    2. Tuang ke dalam loyang bulat diameter 22 cm tinggi 7 cm. Biarkan setengah beku.
    3. Bahan II, rebus susu cair,  Campur rata agar-agar bubuk, dan gula pasir masukkan ke dalam rebusan susu cair sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api.
    4. Kocok putih telur bersama garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir. Kocok sampai mengembang. Tambahkan rebusan agar sambil dikocok hingga menyatu.
    5. Tuang ke atas bahan I secara perlahan sedikit demi sedikit hingga habis. Simpan dalam kulkas hingga mengeras.
    6. Buat vla: masak menjadi satu, susu cair, sari jeruk, dan gula. Masak hingga mendidih dengan api kecil. Jika telah meletup-letup, masukkan pewarna aduk rata. Tuang larutan maizena dan aduk hingga mengental. Angkat. - See more at: http://www.hatnu.net/2013/08/resep-bolu-gulung-lapis-vla-jeruk.html#sthash.7j3z8RWm.dpuf
      Vla: masak menjadi satu, susu cair, sari jeruk, dan gula. Masak hingga mendidih dengan api kecil. Jika telah meletup-letup. Tuang larutan maizena dan aduk hingga mengental. Angkat
    7. Keluarkan puding dari cetakan, letakkan di piring saji. Tuang dengan vla. Sajikan. Dingin lebih nikmat.

    Selamat mencoba ^_^




    Thursday, 29 August 2013

    Kacang Telur

    Bismillahirrahmanirrahiim..

    Udah lama niat mau bikin kacang telur ini sejak mbak rika posting lamaaaa banget..tapi baru keturutan sekarang hehheheh

    Sebelumnya udah pernah bikin juga pake resep NCC tapi hasilnya belum memuaskan, tukang kacangnya yang amatiran sih wkwkwkkww

    Naah kali ini nyoba pake resep yang ada di blog mbak Rika tapi ga semulus seperti yang mbak rika bikin hehehhe...

    Padahal pengen banget bikin yang mulus gitu apa daya tangannya masih belum sakti sih jadi hasilnya ga gitu deh masih amburadul..*ngeleees.com wkwkwkkw tapi rasanya mantab banget...maknyuuuuuus
    Resep aslinya bisa dilihat di sini  yang saya tulis kembali sesuai dengan versi saya, ga banyak kok ngerubahnya  :))

    Resep Kacang Telur

    Bahan A:

    • 2 butir telur
    • 250 gram gula halus
    • 1 sdm garam
    • 3 siung bawang putih *haluskan
    • 5 sdm minyak goreng (margarin cair)
    • 3 sdm air
    Bahan B:

    • 1 kg terigu, ayak
    • 1 kg kacang tanah, sangrai
    • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
    Cara membuat:

    1. Kocok semua bahan A sampai tercampur rata dan gula larut
    2. Siapkan kacang tanah sebagian dalam baskom, beri 1 sendok sayur bahan A, aduk rata
      Siapkan sebagian terigu dalam baskom kering, masukkan kacang yang sudah diberi bahan A kedalam terigu, goyang-goyangkan wadah berisi terigu dan kacang, sampai semua terbalut. Ayak
      Ulangi terus sampai ketebalan yang diinginkan. kurang lebih 5-7x
    3. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sambil terus diaduk2 samapi kuning keemasan
    Catatan:
    Mengaduk kacang menggunakan sendok hanya pada saat pertama kali di beri bahan A, ketika mengulanginya cukup digoyang-goyangkan saja wadahnya, ini bertujuan agar adonan yang sudah menempel tidak terkelupas.

    Karena ga punya bawang putih bubuk, jadi saya pake bawang putih yang dihaluskan. Tapi sepertinya kurang deh rasa bawangnya kurang berasa..lain kali mau nyobain lagi dengan nambahin bawang yang lebih banyak..cateeet yaa..;)
    Tapi overall rasanya manteeeeeep...maknyuuuuuus ;)
    Selamat mencoba ^_^


    Wednesday, 28 August 2013

    Kue Batang Buruk

    Bismillahirrahmanirrahiiim..
    Pertama kali makan kue ini rasanya enak banget..karena penasaran nanya namanya ternyata namanya batang buruk, nama yang ga'familiar ya..:)
    Ga tau juga dari mana asal nama batang buruk..dan menagapa kue ini dinamakan batang buruk..yang jelas rasanya enak tidak seburuk namanya..tambah penasaran gimana cara bikinnya..

    Pulang ke rumah langsung search, ternyata bikinnya ga ribet..pake kulit popia yang digulung kemudian digoreng lalu diisi dengan tepung kacang hijau yang telah dicampur susu dan gula halus.
    Kebetulan di rumah masih ada persediaan kulit popia, jadi tinggal beli tepung kacang hijaunya aj. Karena di sini ada yang jual jadinya ga perlu susah2 memproses kacang hijau menjadi tepung hehehhehehe

    Resepnya saya contek dari sini di modif dikit dengan menambahkan susu bubuk full cream agar rasanya lebih nendang heheh
    Resep Batang Buruk
    Modified by Yuyun Bunda Avis

    Bahan :

    • 1 bungkus kulit popia (5" x 5")
    • 200 gr tepung kacang hijau goreng
    • 100 gr gula halus *sesuai selera
    • 100 gr susu bubuk full cream
    • minyak untuk menggoreng 
    • tepung dan air secukupnya *aduk rata untuk merekatkan

    Cara membuat:

    1. Potong kulit popia bagi menjadi 8 bagian memanjang. Gulung kulit popia seperti dalam gambar lalu rekatkan dengan campuran tepung dan air. Biarkan beberapa saat hingga kulit popia set dengan bentuk bulat
    2. Goreng terendam sehingga kulit popia kekuningan. Angkat tiriskan. Biarkan dingin
    3. Campurkan tepung kacang hijau dengan gula halus. Isikan ke dalam kulit popia. Simpan dalam toples kedap udara
    Selamat mencoba :)


    Nasi Goreng Teri

    Bismillahirrahmanirrahiiim..
    Hari ini males masak jadinya bikin nasi goreng aj..nasi goreng teri kegemaran kami semua..senengnya dengan bumbu yang sederhana juragan di rumah suka..pada lahap makannya...
    Baru selesai aj juragan kecil udah ga sabar..avis lapeeer bunda...;)
    Alhamdulillah seneng banget lihat semua pada makan habis ..apa pengaruh laper kali ya..hehehhehe

      
    Katanya lebih enak daripada yang pernah kita beli..ya jelaslah wong yang ini ga perlu bayar wkwkkwkwk
    Tapi semua kembali lagi ke selera asal..kami semua ga suka makanan yang terlalu banyak rasa..simple tapi enak..:)

    Selamat menikmati..:)

    Monday, 26 August 2013

    Pie Susu (Egg Tart)

    Bismillahirrahmanirrahim...
    Sudah beberapa kali bikin pie tapi belum nemu yang paas. Kulitnya terlalu rapuh sehingga agak repot waktu dikeluarkan dari cetakannya. Kali ini nyobain kulit pie tanpa telur, tapi rasanya belum memuaskan huhuhuhu...ga pa pa deh yang penting udah nyobain jadinya ga penasaran ...kapan-kapan bisa nyobain bikin pake resep yang lain..soalnya suka banget dengan pie sih..hehehehhe

    Resepnya saya liat di sini untuk kulitnya ga ada yang saya rubah kecuali untuk vlanya, saya pake resep sendiri..:)

    Resep Pie Susu
    Bahan:  
    Pie crust: 
    • 200 gr terigu
    • 125 gr margarin
    • Sejumput garam
    • 2-3 sdm air es 

    Isi:
    • 6 butir kuning telur
    • 150 ml skm
    • 250-300 ml air (sesuaikan dengan selera manisnya)
    Cara membuat :
    1. Pie crust: Masukkan terigu dan garam ke dalam wadah. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk dengan ujung-ujung jari hingga berbutir-butir kecil. Tambahkan air es, satukan adonan hingga menggumpal. Cetak dengan menggunakan cetakan pie susu uk sedang.
    2. Tuang vla ke dalam adonan yang sudah dicetak.
    3. Bakar dengan suhu rendah sekitar 125'C agak kulit pie renyah dan filling tidak menggembung dan pecah karena suhu tinggi. (sesuaikan dengan kondisi oven masing-masing). Atau kulit pie dipanggang terlebih dahulu sekitar 10' baru tuang vla dan bakar lagi hingga filing set dan menguning.
    4. Jika sudah agak dingin, keluarkan pie susu dari cetakan. Siap disantap :)
    Selamat mencoba.....:)



    Sunday, 25 August 2013

    Lapis Legit Kurma

    Bismillahirrahmanirrahim...
    Alhamdulillah kesampaian juga bikin lapis legit, secara sempet maju mundur mau bikin. Niatnya sih udah lama mau bikin..tapi kebayang ga sih telornya banyak banget, gimana kalo sampe gagal yaa..hehehhe
    Belum  lagi proses bakarnya lamaaa, jadi harus dipersiapkan dari segi moril dan materiilnya nih wkwkwkkwwk..

    Ini pertama kalinya saya bikin lapis legit ini, tapi sebelumnya saya sering liat kakak saya membuat lapis ini...bener-bener butuh perjuangan deh..belum lagi ada accident pada saat proses waah bikin tambah seru aj qiqiqiqi

    Kebetulan juga hari ini di sekolah Avis ada rumah terbuka dan diminta untuk membawa makanan atau kue, Ceritanya potluck dari masing-masing orang tua membawa makanan untuk dinikmati bersama. masih ada kurma di rumah jadinya memutuskan untuk membuat lapis legit kurma, itung-itung sekalian belajar dan siapa tau berbuah orderan hahahhah..aaamiiiiiin

    Beli bahan-bahannya baru hari sabtu kemarin, nungguin juragan besar libur baru deh minta anterin belanja perlengkapannya. Niatnya sih sepulang dari belanja langsung mau eksekusi karena malamnya di undang tetangga yang lagi open house.  
    Naaah di sinilah accidentnya bermula..bahan-bahannya semua udah siap tapiii pas mau ngocok laaah kok mixernya ga mau hidup..waduuuuh gaswat banget deh..dicoba di tempat lain juga sama ga mau muter..huhuhuhuu
    Sempet down juga, udah niat mau bikin jadinya gagal deh...hiks.. Akhirnya kepikiran ya udahlah bawa aj kue kering yang ada di rumah..

    Pas curhat ke suami, suami bilang ga enak juga klo ga mau apa2...kalau mau memperpaiki mixer udah ga keburu, lagian kami juga tidak tau tempet service mixer di mana karena kami belum lama pindah ke Johor. Akhirnya diputuskan untuk beli mixer lagi..untung aj tempat belinya ga jauh dari rumah kami..
    Tapi kendala lagi,..mixernya udah ada tapi waktunya ga cukup untuk membuat lapis karena harus menghadiri open house.... huhuhuhuhu
    Kebayang bahan-bahannya bakal dianggurin, sempet khawatir juga bagaimana nasib ya nih :(

    Akhirnya pulang dari open house langsung eksekusi mulai dari jam 12 tengah malem sampai jam 4 pagi..whahahah..kebayang deh cape'nya..tidur hanya sebentar udah harus pergi lagi paginya..
    Tapi alhamdulillah semuanya ga sia2 walaupun tuh bahan sempet dianggurin sekitar 8 jam di suhu ruang, kuenya berhasil ditaklukan terbayar sudah dengan hasil yang memuaskan....:)

    Kebayang perjuangannya *bahasanya boooo...wkwkkwkw tapi puaaas banget dengan hasil akhirnya...sesuai laaah ^_*
    Tapi karena pada saat menekan kurang padat jadinya ada lapisan yang ga nempel dengan sempurna..tapi dari segi rasa ok bangeet dah  ;) 
    Resep ini saya dapet dari kakak saya yang udah sering terima  pesenan pake resep ini...lembuuut dan legiit banget deh...ga nyesel pokoknya...heheheh
    Kue lapis ini juga lumayan awet bisa tahan sampai lebih kurang 1 bulan jika dismipan di dalam kulkas dalam wadah tertutup.
     Fresh from the oven
    Ini dia resepnya:

    Resep Lapis Legit Kurma
    Source : My beloved sister =Yuyun Bunda Avis=
    Loyang uk 20 x 20 x 4 cm

    Bahan:
    • 25 butir kuning telur
    • 200 gram gula pasir
    • 300 gram mentega/wisman/ sesuai selera *bisa di mix sesuai selera
    • 10 sdm skm
    • 100 gram susu bubuk full cream
    • Kurma tanpa biji secukupnya *pipihkan
    Cara membuat:
    1. Alasi loyang dengan kertas kue, oles dengan mentega. Sisihkan.
    2. Panaskan oven dengan suhu 150'
    3. Kocok mentega dan skm sampai lembut (bisa dengan menggunakan sendok atau mixer). Sisihkan
    4. Kocok telur dan gula pasir sampai putih, masukkan campuran mentega dan skm. Kocok rata.
    5. Tambahkan susu bubuk sedikit demi sedikit. Kocok kembali hingga rata.
    6. Ambil 2-3 sdm adonan lalu tuang ke dalam loyang. Bakar dengan suhu 125' C dengan menggunakan api bawah (sesuaikan dengan kondisi masing2 oven yaa..)
    7. Keluarkan dari loyang. Tusuk dengan menggunakan tusuk gigi agar gelembung2 udara keluar. Lalu ratakan permukaannya sambil di tekan2 dengan penekan agar padat.
    8. Ambil lagi adonan sebanyak 2-3 sdm bakar sampai kecoklatan. Matikan api bawah, lalu nyalakan api atas.
    9. Setelah 3-4 lapis tata kurma yang sudah dipipihkan, lalu tuang adonan. Oven lagi hingga kecoklatan. Lakukan hingga adonan habis.
    10. Untuk lapis terakhir, gunakan api atas dan bawah sebentar saja agar kue matang sempurna

    Selamat mencoba..smoga cocok ^_^
     Ini dia hasil yang ga nempel
    Selamat Mencoba ^_*

    Thursday, 22 August 2013

    Lapis Malang Putih Telur

    Bismillahirrahmanirrahim..
     
     Udah lama penasaran dengan lapis malang putih telur ini..akhirnya baru kesampaian sekarang..
    Sekalian buat sajian untuk menjamu temen yang akan datang ke rumah sore ini.. alhamdulillah sukses bikin lapis malangnya..
    Walaupun ada sedikit kejadian karena kemalasan hehehhe..Satu lapisannya gagal karena malas...:D
    Setelah selesai dengan adonan pertama, naah untuk adonan yang kedua bekas puterannya ga dicuci dulu..alhasil banteeeet boo..wkwkwkwk
    Tapi untungnya yang ketiga bagian coklatnya sukses..jadinya hasil akhir hanya dapet 1 bagian aj..hasil dari comot sana sini heheheh..

    Selamat menikmati  ...;)
    Resep asli bisa dilihat di Ireneskitchen hanya sedikit saya modifikasi, saya bikinnya ga pake susu bubuk karena kehabisan stok susu bubuk nih heheheh..karena saya menggunakan salted butter jadi saya tidak menambahkan garam lagi..

    Tapi rasanya masih tetep enak kok..apalagi klo ditambah susu bubuk pastinya tambah enaak bangeet ;)apalagi tanpa bahan seperti bp atau emulsifier...:)
    Ditambah dengan filling strawberry jadinya ada rasa asam dan manis..pokokya klop deh..ga salah ternyata saya milih resep ini
    Untuk perlapisnya saya menggunakan 200gram putih telur dengan menggunakan loyang uk 18cm x 18cm x 4cm jadi hasilnya lebih tinggi. Di resep aslinya menggunakan loyang uk 22cm x 22cm x 4cm
     Tuuuh hasilnya jadi tinggi kan...:)

    Resep Lapis Malang Putih Telur

    Modified by Yuyun Bunda Avis

    Bahan I:
    • 200 gram putih Telur
    • 90 gram gula pasir
    • 130 gram margarine *saya pake 70gr butter + 60 gr margarine kocok hingga lembut
    • 6 tetes pewarna kuning
    • 50 gram tepung terigu
    • 20 gram maizena
    • 15 gram susu bubuk *ga pake

    Bahan II:

    Sama dengan bahan I tetapi ada perubahan ditepung:

    • 40 gram tepung terigu
    • 20 gram coklat bubuk
    • 10 gram maizena
    • ½ sdt Coffee essence
    • 40 gram selai stowberi
    Cara Membuat :
    1. Panaskan oven 160' C, siapkan loyang oles dengan mentega lapis dengan alas dengan kertas minyak atau kertas roti. Sisihkan
    2. Kocok putih telur, garam, sampai setengah mengembang.
    3. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
    4. Tuang margarine kocok dan pewarna kuning sedikit2
    5. Masukan terigu dan susu bubuk sambil diayak
    6. Tuang dalam loyang 18 x 18 x 4
    7. Oven dengan suhu 160 - 180 ' C, selama 30 menit 
    8. Lakukan hal yang sama untuk setiap lapis lalu oles dengan selai strawberry susun hingga 3 lapis
    Selamat mencoba ^_^

    Tuesday, 20 August 2013

    Lupis Original

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Naaah klo yang ini versi original..dengan saus gula merah karamel..gulanya hitam pekat..mantaaaaap
    Dulu banhet pernah bikin yang kerucut..kali ini juga saya bikin dua versi bentuk dan saus..
    Versi pertama yang bentuk kerucut dan yang satunya lagi saya bentuk bulat seperti membuat lontong..
    Sausnya yaitu gula merah dan Vla durian (dikasih tetangga)
    Merebusnya juga makan waktu yang lumayan lama, lupis ini saya rebus lebih kurang 2 jam.
    Semuanya ueenaaak..penggemar lupis sih..wkwkkwk

    Enjoy it !!


    Lupis Vla Durian

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Udah bosen dengan kue lebaran lagian juga kukernya udah habis heehheh..
    Jadinya hari ini bikin jajanan tradisional..Bikin lupis, kebetulan ada daun pisang yang masih bagu tersimpan rapi di freezer sisa dari bikin lontong lebaran..

    Kali ini bikin dua versi yang original dan  pake vla durian. Vla duriannya ga bikin sendiri, dikasih sama tetangga. 
    Btw di sini emang lagi musim durian nih..jadinya di mana-mana "berbau durian" duriaaan semua qiqiiqi
    Rasanya uenaaak banget..duriannya berasa..emang suka durian kok pake ditawarin yaaa...wkkwkwk

    Selamat menikmati...:)



    Friday, 16 August 2013

    Lontong Sayur

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Telah berlalu bulanramadhan, bulan yang penuh dengan berkah..Semoga Allah memberikan kepada kita kesempatan untuk dapat bertemu dengan ramadhan di tahun depan aaamiiiin YRA...
    Dengan kerendahan hati izinkan kami sekeluarga mohon maaf  lahir dan batin atas segala khilaf yang telah dilakukan Happy Ied 1434 semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT aaamiiin YRA..

    Lontong Sayur minimalis :)
    Lontong sayur ini request dari juragan, emang diniatin juga sih mau bikin lontong...secara lebih suka makan lontong dari pada ketupat. Alasan utamanya sih ga bisa bikin ketupatnya hahahaha..

    Disebut minimalis karena lontong sayur ini sebagai pelengkapnya hanya pake rendang dan telur rebus saja, untuk sayurnya juga hanya kacang panjang dan wortel doang dengan sedikit dagingehhehe..edisi males mau bikin yang lain. Lagian juragan di rumah suka bingung klo dimasakin banyak macem..ntar yang dimakan juga hanya 1-2 lauk aj..*ngeleeees wkwkwkkw.. 

    Nyari daun pisangnya juga butuh perjuangan, di sini daun pisang mahal,selain itu satu ikat juga dikiiit banget..jadinya usaha dikit untuk mendapatkan daun pisang yang banyak dan berdaun besar ini. Sambil menyelam minum air kira2 gitu deh peribahasanya, sambil jalan2 (*bekal pisau juga loh dari rumah ;) ) sambil liat kanan kiri siapa tau ada pohon pisang liar yang tumbuh di jalan..
    Alhamdulillah pas jalan ke kantor suami yang memang banyak pohon-pohon ada juga serumpunan pohon pisang..wuuuih ga pake nunggu lama2 langsung aj berhenti.
    Dasarnya emang rezeki kali ya..kebetulan juga ada orang yang lagi ngambil jantung pisang..sekalian aj minta ambilin..heheh jadinya ga perlu susah2 buat ngambil daun pisangnya..:)

    Alhamdulillah setelah bersusah payah untuk mendapatkan daun pisang dan mesti sabar juga buat merebusnya yang memakan waktu cukup lama sekitar 3-4 jam..tapi bisa ditinggal tidur kok hehehhe..*panci gede buat ngerebusnya juga boleh dapet pinjaman dari tetangga..:D

    Tips.. 
    Untuk menghindari agar lontong tidak jebol atau pecah pada saat direbus, bisa disiasati dengan mengikat lontong sebelum direbus dengan menggunakan tali rafia atau lainnya...*pengalaman pribadi nih suka pecah jadinya banyak yang kebuang deh lontongnya hiiks
     
    Selamat menikmati...:)

    Sumpia Mini Segitiga

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Salah satu menu sajian di Hari Raya ini sumpia mini segitiga yang dibuatnya jauh har sebelum puasa dan digoreng pada saat menjelang hari raya.. Alhamdulillah jadinya lumayan banyak juga cemilan untuk para tamu yang datang..walaupun bisa dihitung dengan jari  tamu yang dateng ke rumah wkwkwkkwkw..

    Kue Kacang

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Baru sekali ini bikin kue kacang ini...enak juga ternyata..resepnya didapat dari salah satu blog..tapi coba diutak atik sendiri....enak juga loh hasilnya..

    Resep Kue Kacang
    By Yuyun Bunda Avis

    Bahan:
    • 200 gram kacang tanah sangrai *haluskan
    • 250 gram tapung terigu
    • 100 gram gula halus
    • 1/4 sdt garam
    • 2 sdm susu bubuk
    • 125 ml minyak sayur *bisa dikurangkan jika adonan sudah bisa di cetak
    • 25 ml minyak wijen

    Bahan Olesan:
    • Kuning telur
    • Wijen

    Cara membuat:
    1. Oles loyang dengan mentega.
    2. Aduk semua bahan jadi satu sampai adonan bisa untuk dicetak. Ambil sedikit adonan, gilas dengan ketebalan sesuai selera.
    3. Letakkan pada loyang yang sudah diolesi mentega. Oles dengan kuning telur dan taburi dengan wijen.
    4. Oven dengan suhu 125' - 140' sampai matang.
    5. Biarkan dingin. Angkat. Simpan di dalam wadah kedap udara.
    Selamat mencoba :)

    Nastar Wijen

    Bismillahirrahmanirrahiim....
    Hahahaha...alhamdulillah jadi juga nastar pertamaku, ngebayangin bikinnya aj udah ribet makanya sempet maju mundur juga mau bikin nastar ini..Saking malesnya sampe-sampe selai nanasnya aj baru di bikin H-3 loh hehehe...
    Tapi sesuailah dengan perjuangannya..hasil nastarnya cantik dan ngeprul banget :)
    Kali ini saya bikin nastar original tanpa tambahan keju baik di dalam adonan maupun dibagian atasnya. Sebagai gantinya untuk hiasan di bagian atasnya saya tambahin wijin hitam dan putih..ternyata lucu juga ya hehehhe...


    Resep Nastar Wijen
    By Yuyub Bunda Avis

    Bahan:
    • 225 gram unsalted butter
    • 225 gram margarine
    • 50 gram gula halus
    • 10 gram maizena
    • 2 butir kuning telur
    • 20 gram susu bubuk full cream
    • terigu secukupnya

    Bahan Polesan:
    • Kuning telur
    • Wijen

    Cara membuat:
    1. Kocok butter, margarine dan gula  halus sampai lembut, masukkan telur satu persatu, Aduk rata.
    2. Tambahkan susu bubuk dan maizena. Aduk rata lembali
    3. Ambil sebagian adonan, tambahkan tepung aduk hingga adonan bisa dipulung.
    4. Ambil sedikit adonan yang sidah diberi tepung, pipihkan isi dengan selai nanas bulatkan. Lakukan hingga adonan habis
    5. Letakkan di loyang. Bakar di oven dengan suhu 100' - 125' C  selama 10 menit. Keluarkan oles dengan kuning telur, lakukan sekali lagi. Taburi dengan wijen. Bakar hingga matang.

    Resep selai Nanas
    4 buah Nanas Morris
    2 Mangkok kecil gula pasir
    cengkeh dan kayu manis secukupnya

    Cara membuat:
    Parut atau blender nanas. Masak hingga airnya sedikit berkurang masukkan gula, kayu manis dan cengkeh. Masak hingga kering. Lebih bagus jika selai disimpan semalam di kulkas agar selainya menjadi lebih kering, memudahkan dalam mengisi.

    Selamat mencoba >_*

    Putri Salju

    Bismillahirrahmanirrahim...
     
    Ini kue kering yang kedua dibikin hanya satu resep saja..alhamdulillah hasilnya enak banget..

    Resep Putri Salju
    Bu Yuyun Bunda Avis

    Bahan:
    • 225 gram unsaltedbutter
    • 80 gram margarine
    • 2 butir kuning telur
    • 50 gram gula halus
    • 20 gram susu bubuk full cream
    • 100 gram kacang almond bubuk
    • 2 butir kuning telur
    • Terigu secukupnya

    Untuk balutan:
    • Gula pasir halus
    • Icing Sugar

    Cara membuat:
    1. Kocok butter, margarine dan gula halus  hingga lembut, masukkan telur aduk lagi sebentar.
    2. Tambahkan susu bubuk dan kacang almond bubuk. Aduk rata.
    3. Ambil sebagian adonan, tambahkan tepung sampai adonan bisa untuk dicetak. Cetak sesuai selera.
    4. Bakar dengan menggunakan oven dengan suhu 100' - 125' C sampai matang.
    5. Selagi panas masukkan ke dalam sula halus.  aduk rata hingga gula menutupi kue. Angkat lalu masukkan lagi ke dalam icing sugar. 
    6. Angkat. Simpan di dalam toples.

    Selamat mencoba ^_^

    Thursday, 15 August 2013

    Kaastengels

    Bismillahirrahmanirrahim..
    Pertama kali merayakan Iedul Fitri di Johor, Malaysia..jadinya ini juga kali pertama saya nyobain bikin kue kering untuk hari raya ini..agal males-malesan sih pada awalnya. Sampai H-6 belum juga mulai untuk bikin. Padahal untuk bahannya udah disiapkan dari kapan hari heheheh..
    Waaah klo ga diniatin sih ga bakalan jadi nih kue keringnya..alhamdulillah akhirnya dengan mengumpulkan semangat akhirnya jadi juga memulai untuk bikin kue keringnya..:)
    Tapi bikinnya ga banyak-banyak hanya satu resep aj untuk setiap jenisnya. Alhamdulillah akhirnya kue kering pertama alias kaastengel ini selesai juga secara klo yang ini mah favorit saya hehehehhe..
    tapi bikinnya mah sesuatu banget nih..harus cetak, poles dan naburin kejunya..tapi alhamdulillah puas dengan hasilnya..kuenya ueeenaaaak banget..ngeju dan ngeprul :)
    Untuk kejunya bisa ditambah atau dikuruangi sesuai selera jika ga ada keju edam atau parmesan bisa juga hanya menggunakan keju kraft parut, mungkin lebih dibanyakin aj kejunya agar lebih terasa kejunya :)

    Resepnya hasil utak-atik sendiri
    Resep Kaastengel
    By Yuyun Bunda Avis

    Bahan :
    • 225 gram unsaltedbutter
    • 80 gram mentega
    • 200 gram parmesan bubuk
    • 50 gram keju kraft *parut
    • 20 gram susu bubuk full cream
    • 2 butir kuning telur
    • terigu secukupnya
    Bahan Polesan :
    Kuning telur
    Keju kraft parut

    Cara membuat:
    1. Aduk butter, margarine sebentar saja. Masukkan keju dan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan terigu secukupnya.
    2. Cetak sesuai dengan selera, oles dengan kuning telur, beri taburan keju parut. Bakar dengan suhu sekitar 110' - 130' (sesuaikan dengan kondisi masing-masing oven) sampai matang.
    Hasil +- 950 gram

    Monday, 5 August 2013

    Crispy Oatmeal Coconut Cookies with Almond

    Bismillahirrahmanirrahim..
     
    Kue ini requestnya si juragan kecil..nyari-nyari resep akhirnya milih resepnya bunda Ricke..teteeeeeup hehhehe..
    Seperti biasa dimodif sedikit disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah :)
    Cookies ini saya tambahkan almond cincang jadi sensasi lebih kreees...;) 
    Resep asli bisa di lihat di sini
    Resep Crispy Oatmeal Coconut Cookies with Almond
    Modified by Yuyun Bunda Avis

    Bahan:
    • 225 gram butter
    • 50 gram gula halus
    • 50 gram gula merah
    • 1 butir telur
    • 1 sdt baking powder
    • 1 sdt soda bikarbona
    • 50 gram susu bubuk full cream
    • 100 gram terigu serbaguna
    • 100 gram oatmeal
    • 100 gram kelapa parut
    • 100 gram choco chip
    • 100 gram almond cincang

    Cara membuat:
    1. Campur tepung, baking powder, soda kue dan susu. Sisihkan
    2. Kocok butter dan gula hingga lembut masukan telur. Kocok hingga rata. Matikan mixer.
    3. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan menggunakan spatula.
    4. Tambahkan oatmeal, aduk rata. Masukkan kelapa parut, choco chip dan almond cincang. Aduk rata.
    5. Panaskan oven 160' C. Olesi loyang dengan mentega tipis-tipis.
    6. Sendokkan 1 sendok teh adonan jatuhkan dan tata di loyang. Beri jarak.
    7. Panggang dalam oven sekitar 25 menit. Hingga pinggirannya berwarna cokelat. Keluarkan dari oven. Biarkan 5 menit dalam loyang. Pindahkan ke cooling rak biarkan dingin. Simpan ke dalam wadah tertutup.
     
    Selamat mencoba...:)


    Kue Sagu Keju

    Bismillahirahmanirrahim...
    Setelah sempet males-malesan mau bikin kue kering di hari raya ini..alhamdulillah akhirnya semangat itu datang juga hehhe..
    Sehari ini sampe bikin 3 jenis cookies sekaligus...niat bangeeet hehehhe
    Kue sagu keju ini udah yang kedua kalinya bikin, yang pertama itu dengan amat sukses meleber kemana2 wkwkkwkw..sempet males juga sebenernya udah gagal gitu..Setelah liat postingan temen-temen masalah  yang sering timbul selalu sama yaitu adonan meleber pada saat dibakar sehingga menghasilkan kue sagu yang ga cantik walaupun dari segi rasa ok banget..
    Akhirnya memberanikan diri sekaligus penasaran dengan sagu keju ini. akhirnya memberanikan diri untuk mencoba kembali..daaan alhamdulillah hasilnya lebih bagus dari yang kemaren wakaupun saya belum puas dengan hasilnya..aaah gapapa deh in syaa alllah kapan-kapan bikin lagi semoga hasilnya lebih baik lagi hehehhe

    Resepnya nyomot dari blognya bunda Ricke dengan sedikit modifikasi dengan menambahkan kejunya..biar lebih berasa gitu hehehhe


    Resep Kue Sagu Keju

    modified by Yuyun Bunda Avis

    Bahan :
    225 gram unsalted butter
    • 150 gram gula halus
    • 3 butir kuning telur
    • 100 gram keju parmesan
    • 100 gram keju kraft *angin2kan biarkan agak kering
    • 300 gram sagu
    • 2 lembar daun pandan
    • 50 gram maizena
    • 50 gram all purpose flour
    • 30 gram susu bubuk
    • Choco chip sebagai hiasan

    Cara membuat :
    1. Sangrai sagu dengan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga daun pandan kering dan tepung terasa lebih ringan. Angkat. Dinginkan
    2. Campur sagu yang telah dingin dengan terigu, maizena, susu bubuk aduk rata. Sisihkan
    3. Kocok butter dan gula hingga lembut. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok rata.
    4. Masukkan keju. Aduk rata dengan spatula
    5. Masukkan campuran tepung. Aduk rata dengan spatula.
    6. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit. Cetak ke loyang yang sudah diolesi dengan mentega tipis. Bentuk sesuai selera. Beri jarak. Beri choco chip.
    7. Panggang di oven dengan suhu sekitar 130-140' selama lebih kurang 30'. Sesuaikan dengan kondisi oven masing-masing. Sering-sering dicek untuk menjaga agar kue tidak gosong.
    8. Angkat. Dinginkan di cooling rak.Simpan dalam wadah kedap udara.

    Selamat mencoba :)



    Friday, 2 August 2013

    Sosis Solo

    Bismillahirahmanirrahim...
    Alhamdulillah kesampaian juga bikin sosis solo ini, sosis solo ini udah masuk dalam list yang mau dibuat udah dari tahun kapan hehehhe..biasalah edisi mals yang berkepanjangaaaan...wkwkwkwk
    Semakin semangat pengen bikin setelah liat bunda Ricke upload sosis solo ini...
    Resepnya ini dapet dari mbak wati, temen waktu di Bangkok dulu...maaf ya mbak baru dieksekusi sekarang :) alhamdulillah enak mbak..cocok banget :)
    Tapi resep ini saya modifikasi sedikit disesuaikan dengan selera
     Resep Sosis Solo
    Modified by Yuyun Bunda Avis

    Bahan Isi :
    • 500 gram daging cincang
    • air secukupnya
     Bumbu halus :
    • 5 siung bawang putih
    • 10 buah bawang merah
    • 2 buah kemiri
    • 1/2 sdt merica
    • 1/2 sdt ketumbar
    • garam dan gula secukupnya
    • 2 sdm kecap 
    • minyak untuk menumis
     Bahan kulit :
    • 300 gram terigu
    • 4 butir telur
    • 1/2 sdt garam
    • 1/2 sdt merica
    • 4 sdm minyak goreng
    • 200 ml santan instant
    • 450 ml air
    Cara membuat :
    1. Isi :Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging cincang/giling
    2. Tambahkan gula, garam dan kecap. Masak hingga matang dan air kering.
    3. Kulit : Campur semua bahan hingga halus. Saring adonan jika masih terdapat butiran tepung.
    4. Panaskan wajan anti lengket dan tuang adonan di tengah wajan, segera ratakan adonan hingga menutupi permukaan wajan.
    5. Angkat jika adonan sudah mengering. Ulangi lagi hingga adonan kulit habis.
    Sosis Solo

    1. Ambil selembar kulit adonan lalu isi dengan campuran daging di tengahnya.
    2. Gulung kulit adonan dengan bentuk melonjong hingga isian pun jadi terbungkus rapat.
    3. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang dan dalam jumlah yang cukup untuk bisa merendam adonan Sosis Solo.
    4. Goreng selama 2-3 menit atau hingga kulit luarnya kuning kecokelatan.
    5. Tiriskan hingga kering dan sajikan selagi masih hangat.
    6. Ulangi proses memasak hingga isi campuran daging dan kulit habis. 
    Selamat mencoba...Smoga cocok :) 

    Thursday, 1 August 2013

    Kue Lumpur Keju

    Naah ini dia salah satu menu buka puasa hari ini..
    Udah dari tahun kapan ya pengen bikin kue lumpur ini. Niatnya sih udah nyampe ke ubun-ubun tapi selalu gagal heheheh .. ngidam bikin kue lumpur nih hehheheh
    Mungkin salah satu alasan belum bikin karena ga ada cetakannya tapi alesan yang paling jitu yaitu mualeeees wkwkkwkwwk

    Kali ini bikinnya juga ga pake direncanakan mau bikin yang lain eeeeh malah akhirnya yang dieksekusi malahan kue lumpur ini hehehhe...
    Karena ga ada cetakan kue lumpur, saya menggunakan cetakan muffin yang diletakkan di wajan datar sebagai alas agar tidak cepat gosong.Alhamdulillah kesampaian juga bikin kue lumpur ini jadi udah ga penasaran lagi deh hehehhe

    Susah ngeluarin kue lumpur dari cetakannya, jadi sebagian kue ada yang ga berbentuk wkwkwkkwkw
    Alhamdulillah masih ada beberapa yang masih bisa diselamatkan..salah tiganya ya ini nih..qiiqi 
    Tuuuh liat aj bentuknya jadi ga keruan deh ..karena ga pake cetakan aslinya nih...*ngeles.com
    Aaaah tapi soal rasa jangan ditanya deh...;)

    Resepnya menggunakan resep Bunda Ricke..hanya sedikit dimodifikasi dengan menambahkan keju parut...eeeehmmm nyam..nyaaaam loh..
    Saya bikinnya hanya setengah dari resep di bawah
    Ini dia resepnya
    Resep Kue Lumpur Keju

    Modified by Yuyun Bunda Avis

    Bahan :
    • 200 gram kentang kukus haluskan
    • 250 ml air
    • 75 gram margarin
    • 150 gram gula pasir
    • 150 gram terigu all purpose
    • 400 ml santan, masak dengan pandan
    • 2 lb daun pandan
    • 150 gram terigu
    • 2 butir telur
    • kismis untuk topping
    • sedikit garam

    Cara membuat :
    1. Masak air, dengan menggunakan api kecil margarin, gula dan garam hingga mendidih dan gula larut. Matikan api. Masukkan terigu. Aduk rata hingga adonan kalis dan tidak lengket.
    2. Pindahkan adonan ke wadah yang lebih besar. Masukkan kentang aduk rata. Biarkan dingin.
    3. Tambahkan telur satu persatu sambil diaduk rata hingga semua telur habis.
    4. Masukkan santan sedikit demi sedikit. Aduk rata.
    5. Olesi cetakan dengan sedikit minya, panaskan cetakan. Tuang ke dalam cetakan, tutup sebentar hingga adonan setengah matang. Beri kismis. Tutup kembali masak hingga kue matang dan permukaan kue tidak lengkat lagi.
    6. Angkat. Sajikan

    Selamat menikmati...semoga cocok >_<

    Spagetti Daging Cincang

     Hari ini requestnya juragan kecil minta dibikinin spaghetti..bikinnya yang simple aj jadnya ga pake lama hehehheh...Udah lama juga ga bikin spaghetti ini. Makanan kesukaan juragan kecil nih...Hehehhhehe
    Hanya pake bawang bombay, merica, saus tomat, sedikit saus sambal plus toppingnya diberi parutan keju dan seledri..alhamdulillah laris nih...:)