Wednesday, 29 May 2013

Sop Iga Sapi






Menu hari ini based on requestnya si  juragan kecil, Kemarin udah bilang minta dibikinin sop iga. Alhamdulillah masih ada simpanan iga di freezer jadi bisa dibuatkan hari ini hehehe..

Secara juragan kecil baru sehat dari demam, mungkin lagi pengen makan sop yang seger makanya request sop ini. Dasarnya juga emang seneng makan sop iga ini. Dulu sering beli di thamassat atau di Thaladthai waktu masih di Thailand.
Pas pindah di sini alhamdulillah banyak yang jualan iga sapi, jadinya bisa sering bikin. Makanan kesukaan  keluarga kecil kami hehehhehehhe
Pake resep hasil kira-kira sendiri daan alhamdulillah ueenaaak..dasarnya seneng aj kali heheh

Ini dia resepnya:

Bahan :
• 1 kg iga sapi
• 2 liter air
• 3 cm kayu manis
• 5 lembar daun jeruk
• 1 batang serai
• 1 cm lengkuas *iris

Bumbu halus :
• 3 siung bawang putih
• 6 buah bawang merah
• 2 buah kemiri
• 1/2 sdt merica
• 1/3 sdt Chinese Five Spice
• 1/3 sdt ketumbar
• 1 cm jahe

Pelengkap :
• Tomat
• Seledri
• Sambal
• Jeruk nipis

Cara membuat:
1. Cuci bersih iga sapi. Rebus hingga empuk bersama serai, lengkuas,daun jeruk, kayu manis. Rebus lebih kurang 1- 1.5 jam atau hingga empuk.
2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan bumbu ke dalam rebusan iga. Tambahkan gula dan garam. Cicipi hingga terasa pas..
3. Rebus kembali hingga bumbu meresap
4. Sajikan hangat bersama pelengkap. Bisa ditambah wortel atau kentang sesuai selera

Selamat mencoba ..:)
.

Tuesday, 28 May 2013

Tom Yum Pla






Photo lama yang baru diupload...hehheheh
Pengen makan yang seger-seger tapi hanya punya persedian ikan, plus bumbu Tom Yum instant akhirnya diputuskan untuk membuat TumYum Pla ini..*halah gayanya euy..hehheh

Sewaktu masih tinggal di negeri Gajah Putih kalau pas kepingin dah langsung ngacir deh beli Tom Yum ini di resto halal..tinggal pilih aj mau yang Tom Yum Pla atau Tom Yum Kai :)

Sebenernya bikinnya ga susah-susah banget karena di Thailand sendiri bumbu instant tom yum ini bisa dijumpai di banyak supermarket ataupun pasar-pasar tradisional. Kita cukup hanya menambahkanbahan pelengkapnya saja seperti serai, laos, daun jeruk, air perasan jeruk nipis dan yang ga boleh ketinggalan adalah Fish Saucenya.

Tapi memang bener tom yum ini segeeer banget..dijamin deh bakalan habis hingga tetes darah penghabisan...hahhahahhahahah

Rasanya ga usah ditanyakan lagi deh pokoknya yahuuuud..

Selamat menikmati..
.

Tape Singkong Manis


Tape singkong atau disebut juga dengan peyeum sering kita jumpai di pasar-pasar. Tape singkong dibuat dari bahan dasar singkong yang difermentasi dengan menggunakan ragi. Untuk pembuatannya diperlukan 2-3 hari untuk proses fermantasinya. Ada dua teknik dalam membuat tape ini ada yang jenis kering dan ada juga jenis basah atau berair. Dalam pembuatan tape ini, ragi tape mengeluarkan enzim yang dapat memecah atau merubah karbohidrat pada tape menjadi gula. Proses tadi akan membuat tape akan menjadi manis, sehingga tidak perlu menambahkan gula.

Kegagalan dalam proses pembuatan tape biasanya dikarenakan enzim pada ragi tidak pecah apabila terdapat udara yang mengganggu proses pemecahan enzim tersebut

Alhamdulillah dapet rezeki dari tetangga yang baru pulang kampung dapet oleh-oleh singkong..sempet bingung juga mau dibikin apa singkong ini. Dulu setiap menjelang Idul Fitri, ibuku sering membuat tape ketan hitam jadi sedikit banyak untuk proses pembuatannya kurang lebih ga jauh berbeda dengan pembuatan tape singkong ini. Jadi pengen juga bisa bikin tape singkong ini.
Alhamdulillah di sini ga susah untuk mendapatkan raginya di kedai-kedai banyak yang menjual raga. Semakin semangat aj mau bikin hehehheheh.. Karena baru bikin pertama kali nyobainnya ga pake banyak-banyak.
Dan alhamdulillah tapenya manis seperti yang dijual-jual itu loh walaupun tape jenis yang kering hehheh
Walaaah sekarang malah kepikiran pengen bikin sesuatu yang pake tape ini…qiqiiqiqiiqi

Tape Singkong
 by Yuyun ‘Bunda Avis’

Bahan:
500 gram singkong atau ubi kayu
1/2 buah ragi *haluskan
Daun pisang atau plastik untuk membungkus
Wadah

Cara membuat:
1. Kupas singkong, cuci bersih
2. Kukus hingga matang sekitar 15-20 menit
3. Angkat, dinginkan. taburkan ragi hingga merata lalu simpan di wadah yang sudah dialasi dengan daun pisang atau plastik. Tutup rapat.
4. Diamkan hingga 2-3 hari hingga tercium aroma wangi dari tape berarti tape sudah siap untuk dikonsumsi


Selamat mencoba..:)

Iga Bakar Santan Pedas





Beli iga sapi di pasar tani deket rumah yang jualannya cuma hari minggu..Senengnya dapet iga ..mana masih seger lagi alias sapinya baru dipotong..heheheh
Biasanya iga sapi ini dimasak atau dibikin sop kali ini nyobain bikin versi yang lain..
Resep ini yang membawa Lucky meraih kemenangan di Masterchef...eeehmm jadi penasaran seperti apa sih enaknya sampe bisa jadi juara ....;)
Jadi deh langsung dieksekusi..daaaan alhamdulillah emang bener-bener enak..ga bakalan nyesel deh...:)
Huhuhuhu...tapi kelupaan nambahin kecapnya ... tapi yang pasti tidak mengurangi rasa ueeaaaaknya hehehhe

Resep aslinya bisa dilihat di sini:

http://kokikutv.fimela.com/read/52/resep-iga-bakar-santan-pedas#.UZd1ptiFI3m

Ini dia resepnya yang di modif dikit

Bahan Iga Bakar:
•    500 gram Iga short ribs
•    2 Buah cabe merah besar
•    1 Kayu manis
•    4 Siung bawang putih
•    Bawang merah
•    1 Bawang bombay
•    Garam dan merica sesuai selera

Bahan bumbu santan:
•    500 ml Santan cair
•    5 Cabe merah besar
•    1/2 sdt five chinese spice
•    1 sdt ketumbar
•    1 Bunga lawang
•    1/2 sdt kayu manis bubuk
•    5 Siung bawang putih
•    3 Siung bawang merah
•    Parutan daging kelapa
•    Kecap manis

Cara memasak:
1.    Masukkan iga beserta semua bahannya (cabe, kayu manis, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, garam, merica) dalam pressure cooker dan masak selama 90 menit atau sampai lunak, lalu tiriskan dan sisihkan. Jika ingin memasak di lain hari, iga dapat dimasak terlebih dahulu dan simpan dalam lemari es.
2.    Panaskan wajan dan tumis bahan untuk bumbu santan, kecuali santan cair.
3.    Setelah harum baru masukkan santan cair dan masak selama 2 menit.
4.    Blender semua bumbu sampai halus, lalu masak kembali dengan api sedang selama 5 menit.
5.    Masukkan parutan daging kelapa sesuai selera dan masak sampai matang.
6.    Panggang iga dengan olesan bumbu santan. Dianjurkan untuk menggunakan bumbu santan yang banyak agar bumbunya mudah meresap.


Selamat mencoba...:)

Banana Muffins


Smiling banana muffins ini dibuat karena punya banyak pisang buah tangan dari tetangga yang baru pulang kampung. Secara di kampung yang namanya pisang bukan main banyaknya..jadinya dikasih juga segabrek..bingung mau diapain lagi sampe udah bosen dengan yang namanya pisang..hehehheh
Akhirnya dibikin aj banana muffins ini, dibagiin ke tetangga  dan sekalian bisa buat bekal suami ke kantor..Alhamdulillah :)

Pake resep Bunda Ricke dengan sedikit modifikasi

Banana Muffin 
Midified by Yuyun 'Bunda Avis'

Ingridients
  • 1 3/4 cups (260 grams) terigu serba guna (protein sedang/segitiga biru)
  • 1 cup (200 gram) gula pasir
  • 30 grams susu bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam (klo pake margarin/salted butter ga usah pake)
  • 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
  • 1/2 cup (113 grams) butter/margarin, lelehkan dan dinginkan
  • 3-4 buah pisang ambon/cavendish matang (sekitar 400-450 grams), hancurkan dengan garpu 

Garnish (optional):
Kismis (Optional)

Directions:
1. Panaskan oven 200'C. Siapkan paper cup muffin (bluder cup) atau loyang muffin yang dialasi paper cup untuk cupcake untuk ukuran yang lebih kecil. Sisihkan.
2. Dalam sebuah mangkok/baskom yang agak besar, aduk dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder, dan garam. Masukkan gula pasir. Campur rata. Sisihkan.
3. Dalam mangkok lain, campur pisang, telur, mentega leleh dan vanilla. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet. Aduk cukup hanya sampai bercampur saja, tidak usah sampai lembut dan halus. Biarkan testurnya masih bergerindil.
4. Tuang ke dalam paper cup. Taburi kismis di atasnya. Panggang dalam oven selama 30 menit atau sampai matang dan permukaannya kering (sesuaikan dengan oven masing-masing ya...). Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi bersih. Keluarkan dari oven. Sajikan hangat.

Note:
- Saat pertama masuk oven panggang dengan suhu tinggi sekitar 200'C, biarkan hingga adonan naik. Setelah adonan naik, suhu oven bisa diturunkan menjadi 180'C dan teruskan memanggang hingga matang sempurna


Ga salah milih resep nih ..hasilnya memuaskaaan eehhmm..mantaap :)
Selamat mencoba:)

Thursday, 23 May 2013

Bumbu Pecel

Pengen makan pecel, tapi males pergi beli bumbu pecel yang siap saji. Kenapa ga bikin sendiri aj ...Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga makan pecel ...:)

Bumbu Pecel
by Yuyun ' Bunda Avis'

500 gram kacang tanah sangrai
150 gram gula merah sisir halus
1 sdt garam atau sesuai selera
8 siung bawang putih iris tipis goreng hingga kering
1 cm kencur
10 lembar daun jeruk
air asam secukupnya

Cara membuat:
Haluskan semua bahan, campur jadi satu aduk hingga bumbu rata. Hentikan pemakaian air asam jika dirasa sudah cukup. Simpan di tempat tertutup, bisa digunakan sewaktu-waktu





Kroket Kentang



Selain membawa rempeyek kacang saya juga membawa ini pada Multi Cultural Day di sekolah Avis..Alhamdulillah laris manis hehehheheh

Kroket kentang ini bisa dibuat dengan memberi isian berupa ayam atau daging yang dikombinasikan dengan sayur seperti wortel, buncis, seledri. Tapi kali ini saya hanya membuat kroket kentang tanpa isi dengan langsung mencampur semua adonan jadi satu, bulatkan, gulingkan di tepung panir lalu goreng.....*dasar pemalas yak pengennya yang simple qiqiqiqiqqiq

Resepnya dicontek dari sajian sedap tapi di sesuaikan dengan selera dan bahan yang tersedia dirumah

Kroket kentang
Modified by Yuyun 'Bunda Avis'

Bahan I
  • 500 gram kentang, digoreng, dihaluskan
  • 20 gram susu bubuk 
  • 1  telur utuh
  • garam secukupnya
  • 1/4sendok teh merica bubuk 
  • 1/4 sendok teh pala bubuk 
Bahan II
  • 50 gram wortel, potong dadu kecil
  • 200 gram ayam *rebus lalu disuwir-suwir
  • 1 butir bawang bombay, dicincang halus
  • garam secukupnya
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 1/4 sendok teh pala bubuk 
  • 1/4 sendok teh gula pasir 
  • 50 ml air 
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis 
  • 1 ikat seledri *iris halus


Bahan Pencelup:
tepung panir halus secukupnya
2 sdm tepung yang di cairkan dengan sedikit air
minyak untuk menggoreng


Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang bombay sampai harum.
  2. Masukkan daging ayam suwir, Aauk rata. Tambahkan wortel. Aduk sampai layu.
  3. Masukkan air, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Angkat.Dinginkan.
  4. Aduk rata bahan I masukkan bahan II aduk rata. Cicipi bila kurang garam bisa ditambahkan sesuai selera. Bentuk oval lonjong.
  5. Gulingkan ke tepung panir halus. Celup ke adonana tepung. Gulingkan di tepung panir halus.
  6. Goreng dalam minyak banyak atau deep frying yang sudah dipanaskan sampai matang.



Selamat mencoba ....:)


Rempeyek Kacang

Udah luamaaa banget ga bikin ini, mungkin sekitar 2-3 tahun yang lalu terakhir kali bikinnya. Naaah pas banget di sekolah avis ada event multi-cultural day dan masing-masing orang tua diharapkan membawa makanan tradisional dari masing-masing negara. Sempat bingung juga mau bawa apa secara di sini hampir semua makanan Indonesia tersedia. Dapat ide dari suami untuk bikin rempeyek ini…ya sudah akhirnya dibikinlah rempeyek ini

Rempeyek Kacang
by Yuyun ‘Bunda Avis’

Bahan:
500 gram tepung berang
2 sdm tepung sagu
500 ml santan sedang
1 sdt garam
1 butir telur
300 gram kacang tanah *dibagi dua
Minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus:
10 lembar daun jeruk
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar bubuk
1 cm kencur
2 butir kemiri

Cara membuat:
  1. Campur tepung beras, tepung kanji, kuning telur, santan cair, air kapur sirih dan bumbu halus, aduk sampai rata.
  2. Panaskan minyak yang cukup banyak, biarkan hingga minyak panas
  3. Ambil adonan dengan sendok sayur uk sedang tambahkan kacang tanah lalu tuang adonan di pinggir wajan sambil sesekali disirim dengan minyak panas hingga adonan terlepas dengan sendirinya.
  4. Balik rempeyek dengan posisi kacang ke bawah dengan tujuan agar kacang dapat matang sempurna. Setelah kacang matang balik kembali rempeyek masak hingga matang
  5.  Angkat, tiriskan.
  6. Simpan di dalam wadah kedap udara.
Hasil untuk 500 gr tepung beras sama dengan +- 750 gram rempeyek matang

Selamat mencoba semoga cocok yaaa..^_*

Wedang Ronde


Karena bikin roti tawar dan masih ada lebihnya jadinya kepikiran pengen bikin wedang ronde ini..

Resepnya tetep pake bunda Ricke
modified by Yuyun 'Bunda Avis'

Bahan untuk ronde:
200 gram tepung beras ketan
2 sdm tepung sagu
200 ml air
100-200 gram enting-enting(dari kacang tanah dihaluskan dengan gula pasir)
Pasta pandan
2 liter air untuk merebus ronde

Cara membuat;
1 Masak 2 liter air, biarkan mendidih
2. Campur 200 air dan air kapur sirih. Tuangkan teepung beras ketan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga bisa dipulung. saya bagi menjadi 2 adonan, yang satu diberi pasta pandan dn yang satunya lagi dibiarkan putih
3. Ambil sedikit adonan, pipihkan isi dengan enting2, bulatkan seperti bakso
4. Masukkan ke dalam air mendidi, biarkan hingga mengapung dan angkat. Taruh dalam kuah jahe
5. Lakukan hingga semua adonan habis.

Kuah Jahe:
1 liter air
150 gram gula pasir
7 lembar daun jeruk purut
150 gram jahe, diiris tipis
1 batang kayu manis 
 2 lb daun pandan potong2

Cara membuat:
Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Biarkan lebih kjurang 15 menit sampai aroma jahe dan pandan keluar. Angkat. Dinginkan

Pelengkap:
Kacang Tanah , sangrai
Roti tawar, potong kotak

Sajikan wedang ronde bersama pelengkapnya
Cobain yuuuk

Roti Tawar 'Loaf Bread'

Sebenarnya roti tawar ini gampang di dapat di toko-toko di mana saja. Tapi alangkah baiknya jika kita mencoba untuk mencoba membuat sendiri roti tawar ini. Alhamdulillah kesampaian juga bikin roti tawar sendiri...dengan kualitas yang terjamin tentunya...rotinya empuuuuk


Pake resepnya bunda Ricke
Dibuat dengan mengunakan loyang 28 x 10 x 10
Jadi adonanya dibuat 1 1/2 kali dari resep

Bahan:
200 gram terigu protein tinggi
50 gram terigu protein sedang
3 gram ragi instant
20 gram gula pasir
10 gram susu bubuk
1 butir telur, kocok lepas
125 ml susu cair dingin ~disesuaikan dengan kondisi tepung, bisa lebih sedikit atau lebih banyak
25 gram butter
3 gram garam halus

Cara membuat:
1. Campurkan bahan kering yaitu terigu, ragi instant, susu bubuk dan gula pasir. Aduk rata.
2.Masukkan telur dan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni. Hentikan penambahan air jika dirasa adonan sudah cukup bisa diuleni. Uleni hingga kalis.
3. Masukkan butter dan garam. Uleni lagi hingga kalis mulus dan elastis.
4. Pindahkan adonan ke atas permukaan meja bersih yang ditaburi sedikit terigu. Uleni lagi sebentar. Bulatkan adonan. Simapan dalam wadah besar yang diolesi dengans edikit minyak. Tutup dengan serbet lembab. Diamkan selama 1 jam atau lebih untuk proses fermentasi atau samapai mengambang 2 x lipat.
5. Kempiskan adonan, pindahkan lagi ke permukaan meja yang diberi sedikit terigu. Uleni lagi sebentar saja. Bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata dan bulatkan. Diamkan 10 menit.
6. Gilas tipiskan masing2 adonan. Gulung sambil dirapatkan. Lakukan sekali lagi (tipiskan dan gulung lagi). Lakukan hal yang sama pada semua adonan.
7. Tata berjejer di dalam loyang yang telah diolesi mentega. Tutup dengan serbet lembab. diamkan 1 jam hingga mengembang. Saat sudah mengembang dan menyisakan space sekitar 1 cm dari tinggi loyang, tutup loyang. Sambil menunggu panaskan oven.
8. Panggang dalam oven bersuhu 170-180'C selama 20-25 menit atau sampai matang.
9. Kelurkan dari loyang, dinginkan. Iris dengan ketebalan sekitar 1 cm atau sesuai selera. Simpan dalam wadah tertutup agar roti tidak cepat kering karena terkena udara. Siap disantap

Selamat mencoba....:)

Empek Empek

Juragan kecilku suka sekali dengan empek empek jadinya agak sering bikin walupun seringanya gagal bikin yang kapal selam. Penasaran ga bisa-bisa bikin empek empek kapal selam...kemaren bikin gagal juga, pada keluar semua isinya..akhirnya bikin yang simpel yang bulat deh akhirnya ....hahahha
Hari ini nyobain lagi dengan semangat 45 (padahal belum 17-an ya hehhe) dan pede abis deh pokoknya..
Jadi bikinnya juga serius banget..emang biasanya ga serius ya heheh
Setelah beberapa kali gagal akhirnya eh akhirnya saya alhamdulillah berhasil menaklukkan empek empek kapal selam ini. walaupun belum sempurna, asalnya ga pada keluar aj isinya udah alhamdulillah banget ..:))
*edisi jingkrak2 kegirangan

Saya copas dari aleripe.blogspot dan saya modif sedikit disesuaikan dengan selera..
Metode yang digunakan sama dengan metode membuat roti yaitu dengan menggunakan metode thang zong


Ini dia resepnya :

BAHAN UNTUK BIANG :

50 g tepung terigu
400 ml air
2 sdm garam
3 sdm minyak goreng
1 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, haluskan

BAHAN PENCAMPUR :
1 kg daging ikan tenggiri atau gabus giling yg ditaruh di freezer.
700-800 gram tepung sagu atau diganti dengan tepung kanji / tapioka kwalitas baik *saya menggunakan campuran antara tepung sagu dan tepung tapioka dengan perbandingan 50 :50
2 bh telur kocok lepas, untuk hasil bagian dalam agar lebih lembut
telur untuk isian jika ingin membuat empek empek kapal selam

CARA MEMBUAT BIANG :

1. Campur tepung terigu, air, garam, gula pasir, bawang putih.
2. Masak di atas api kecil sambil diaduk sampai kental. Angkat dan tambahkan minyak goreng.
3. Aduk, lalu biarkan dingin. Simpan dalam lemari pendingin ( bukan di freezer)

CARA MEMBUAT ADONAN DASAR :

1. Keluarkan daging ikan yang sudah dihaluskan dari freezer, biarkan mencair, Jangan, ditambah air lagi.
2. Keluarkan adonan biang dari kulkas.
Campur aging ikan tenggiri dengan adonan biang.
3. Tambahkan tepung kanji secukupnya dikit demi sedikit. Hentikan penambahan tepung jika dirasa sudah cukup untuk di cetak. Aduk dengan ujung jari asal adonan tercampur rata.
4. Tambahkan telur aduk hingga rata.
5. Gunakan plastik beroles minyak goreng untuk membentuk adonan. Atau gunakan tepung agar tidak lengket di tangan
Bila campuran terlalu keras, tambahkan lagi sedikit adonan biang agar lentur
6. Adonan dasar siap dipakai sesuai kebutuhan

Selamat mencoba...:)

Pastel Mini Abon

Udah lumayan sering bikin ini tapi bikinnya keroyokan alias rame2 bareng keluarga. Biasanya bikin pas menjelang hari raya. Tapi sekarang dikerjain sendiri euy lumayan bikin keriting tangan hahahha...tapi makannya cepet ludeees..aaah gpp jari pada pegel yang penting hati senang..
Nyaam..nyaaaam..
 

Resep ini dipakai secara turun temurun..ga tau asal mulanya resep dapatnya dari mana hehehe

Bahan:
250 gram terigu serba guna
50 gram mentega cairkan
1/4 sdt garam
air secukupnya
 Abon secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara mebuat:
  • Masukkan terigu ke dalam wadah tambahkan garam, aduk rata
  • Masukkan mentega cair aduk hingga rata. Tambahkan air aduk hingga adonan kalis dan tidak lengket ditangan atau sudah bisa untuk di cetak
  • Ambil sedikit adonan. Giling di mesin penggiling dari ukuran yang tebal sampai ke ukuran yang tipis sesuai dengan selera.
  • Cetak dengan menggunakan cetakan bulat. Isi dengan abon, lipat dan lipat ujungnya dengan menggunakan jari.  Lakukan hingga adonan habis
  • Goreng di minyak panas sedang hingga kecoklatan. Angkat. Dinginkan
  • Simpan di toples kedap udara
 Berat bersih setelah matang +- 400 gram

 Selamat mencoba  :)


Tempe Home Made

Ini dia nasib jadi anak rantau yang tinggal jauh dari kampung halaman. Susah untuk mendapatkan makanan Indonesia. Pengen makan tempe tapi ga ada yang jual. Klo di kampung sih tinggal beli di warung aj ga usah susah-susah bikin segala hehehheh....

Alhamdulillah waktu ke sini diajarin dengan ibu-ibu yang pinter masak dan bikin tempe ini. Mana dikasih raginya juga lagi duuuh seneng banget.

Sesuatu banget ketika tempe nya sukses, setelah beberapa kali bikin gagal alias raginya tidak berkembang dengan sempurna jadi tempenya lebih cepet busuk huhuhuhuhu

Alhamdulillah sekarang walaupun jauh dari kampung halaman, masih bisa menikmati makanan yang selalu bikin kangen ini...:)

Donut Ubi Ungu

Nyobain bikin donut ubi ungu, pake resep donut kentang tapi kentangnya diganti dengan ubi ungu http://webwanita.blogspot.com/2012/05/resep-donat-kentang-praktis-lembut-dan.html

Kali ini bikinnya hanya 1/2 resep, jadinya sekitar 13 donut dengan berat +- 40 gr.

Karena ga terlalu suka dengan toping yang macem2, makanya saya pake yang original aj alias pake gula halus untuk taburan di atasnya. Alhamdulillah hasilnya memuaaaasskan empuuuuk banget..hehehh

Resep Donut Ubi Ungu

1. Tepung terigu 400gr
2. Gula pasir 50 gr
3. Susu bubuk 15 gr
4. Ragi instant 6 gr
5. Kentang kukus (haluskan) 250 gr *saya ganti ubi ungu
6. Telur 1 butir
7. Baking powder 1 sdt *saya ga pake
8. Air es 100 ml *larutan dengan sebagian air dr resep
9. Garam 1 sdt
10. Margarin 35 gr
11. Gula donut untuk taburan

Cara membuat:
1. Campur bahan kering seperti tepung, susu bubuk, gula pasir, aduk hingga rata.
2. Masukkan ragi instant, aduk rata kembali
3. Tambahkan ubi ungu halus, aduk rata
4. Masukkan air es dan telur, uleni hingga kalis atau elastis.
5. Terakhir masukkan garam dan mentega, uleni lagi biarkan lebih kurang 15-30 menit hingga mengembang
6. Tekan adonan hingga kempis
7. Timbang adonan sesuai dengan besar yang diinginkan dan bentuk sesuai keinginan.
8. Letakkan di wadah yang sudah ditaburi tepung, diamkan lebih kurang 30 menit hingga mengembang dengan baik.
9. Goreng adonan dengan minyak sedang, jangan menggunakan minyak panas karena akan cepat gosong di luar tapi bagian dalamnya belum matang.
10. Siap dihidangkan dengan taburan gula halus.

Selamat menikmati...:)

Mochi Green Tea

Ada yang request minta dibikin mochi, udah lamaaa banget ga bikin. Dulu pernah sempet bikin tapi hasilnya kurang memuaskan..hehehhe
Tapi sekarang berhubung ada request akhirnya memberanikan diri untuk nyoba lagi..search sana sini...akhirnya kepincut dengan resep di Hesti's kitchen http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/06/aneka-mochi.html

Setelah dicobain ternyata emang enak loooh.berhasil...berhasilll...*jingkrak2 qiqiiqii
Walaupun masih kurang sreg di warnanya..kurang ngejreeeeeng...*secara baru pertama kali pake yang namanya green tea, ga bisa kira2 euy..
Next time better laah..*cemunguuuud..



Untuk isiannya pake kacang hijau kupas. Seperti untuk isian onde (atau bisa juga sesuai selera)

Bahan kulit:
150 gr tepung ketan putih
50 gr tepung ketan hitam *ga pake diganti dengan tepung ketan putih
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
100 ml air biasa
1 sdm minyak goreng
10 gr tepung maizena
1/2 sdt vanili *ga pake
50 ml air panas
Green tea bubuk secukupnya

Cara :
* Campur tepung ketan, garam, gula, vanili aduk rata. Tambahkan minyak aduk rata kembali
* Campur maizena dan 50 ml air (dari 100ml air) aduk rata. Tuang air panas, aduk lagi.
* Masukkan ke dalam campuran tepung aduk rata. Tambahkan sisa air sedikit demi sedikit, aduk hingga kalis. Diamkan sekitar 10 menit.
* Ambil sedikit adonan, beri filling dan bulatkan. Kukus dengan kukusan yang sudah dialasi daun pisang dengan api sedang selama 10 menit.
Angkat dengan spatula yang dialasi minyak. Kerjakan dengan cepat agar kulit mochi tetap lembab. Kalau terlalu lama bisa menyebakan kulit mochi kering, sehingga baluran susah menempel.
* Guling dibahan taburan (maizena sangrai, kelapa parut, wijen sangrai)
* Sajikan
Bahan:

125 gr kacang hijau kupas (rendam +- 1/2 jam lalu cuci bersih)
100 gr gula pasir (sesuai selera) larutkan dengan 50 ml air
keju parut secukupnya


Cara membuat:

1. Kukus kacang hijau +1/2 jam bisa juga direbus lalu disaring (klo saya dikukus)
2. Tumbuk kacang hijau hingga halus (atau cukup diremas2 hingga halus))
3. Campur air gula, kacang hijau dan keju aduk hngga rata
4. Bulatkan sesuai selera

Selamat mencoba..:)
.

Vegies Carbonara

Berawal dari cerita ibu2 di kantin tentang spaghetti, akhirnya kepincut kepengen juga buat yang namanya carbonara. Pagi ini sarapan dengan carbonara..mantaaaap..sooo creamy..^_*

Makanan asli Italia..*euleuh..euleuh..Italia booo..qiqiiqi
Disadur dari sini http://resepdunia.blogspot.com/2011/12/spaghetti-saus-carbonara.html
tapi tetep agak dirubah sedikit, agak ga tegaan klo ga pake dimasak..*Indonesiaaa bangeeet..qiqii
Memberdayakan sayur yang tersisa, brokoli teteuuup..hehehe

Ini dia resepnya yang udah dimodif

Resep Vegie Carbonara

200 gr spaghetti
1 sdm mentega
2 lb keju slice atau keju parut
50 ml kaldu ayam
200 ml susu plain
1/4 b bombay *potong kotak
1/2 bh tomat *potong kotak
brokoli secukupnya
1/4 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya
1 bh telur
1 sdm terigu

Cara:
1. Rebus spaghetti dan brokoli hingga matang, tiriskan
2. Panaskan mentega lalu tumis bawang bombay hingga layu tambahkan terigu sambil diaduk
3. Masukkan kaldu sambil terus diaduk, masukkan susu, keju dan tomat.
4. Tambahkan merica, gula dan garam dan terakhir masukkan telur aduk rata. Cicipi hingga terasa pas. Angkat
5. Campurkan dengan spaghetti dan brokoli aduk rata, tambahkan oregano bubuk.
6. Sajikan

Selamat mencoba  :)

Soto Bandung

Dingin2 gini makan Soto Bandung..
Resep dari bu Iim Arachbioca-Dendrizfa..sang Master Chef..hatur nuhun ya bu..



Walaupun rasanya masih jauh dari masakan bu Iim, secara saya baru pertama kali ini nyobain bikin soto bandung..*bilang aja ga bisa masak yaa..hehehh

Yang penting customernya suka hehehhe...*bawaan laper kali yang ngomong yaa..hehhe
Ga pake kedelai goreng memanfaatkan yang ada aj jadinya..

Resep

1/2 kg daging, potong kotak
B merah 6 bh, iris halus
B putih 4 bh, iris halus
Jahe 5 iris tipis
Sereh 2 bh, geprek
Daun salam 2 bh
Laos 1 ruas jari, dibagi 2
Tomat uk sedang 1 bh
Merica 1/2 sdt
Garam secukupnya
Air 3 Yuni Liter

Pelengkap:
Lobak iris tipis, rebus lalu tiriskan
Jeruk nipis
Soun
Kedelai goreng
Sambal

Cara:
1. Rebus daging dan masukkan semua bumbu kecuali tomat, masak hingga daging empuk
2. Tambahkan tomat dan garam cicipi hingga rasanya pas.
3. Angkat sajikan dengan pelengkap

Makan yuuuuuk.
.

Egg Tart

Alhamdulillah seneng banget akhirnya bisa juga bikin ini setelah berhasil mengalahkan si "M". Ini salah satu kue favorit, walaupun belum mulus tapi dari segi rasa..maantaaap abis deh....

Resepnya pake yang sering dipake keluargaku, alias turun temurun ga tau juga waktu itu dapet resep dari mana hehehehhehe
Untuk fillingnya pake resep dari Bunda Nadhifa hanya dimodif sedikit disesuaikan dengan selera



Bahan kulit :
300gr mentega
50 gr gula halus
1 bh kuning telur
10 gr tepung maizena
Tepung all purpose secukupnya

Cara membuat: Kocok mentega, gula halus dan kuning telur hingga pucat setelah itu masukkan tepung maizena. Tambahkan tepung all purpose aduk hingga adonan dirasa sudah bisa untuk dipulung. Cetak dalam dalam cetakan pie.

Bahan Filling :
250 ml SKM
550 ml air
7 butir kuning telur
40 gr tepung custard

Cara membuat :
Campur SKM dan air aduk rata. Masukkan kuning telur aduk rata. Terakhir masukkan tepung custard aduk rata kembali, lalu saring.
Tuang filling ke dalam adonan yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven dengan suhu sekitar 140' - 160' C selama lebih kurang 30 - 40 menit hingga filling set dan menguning.
*(Gunakan suhu rendah agar adonan matang sempurna tapi tidak membuat filling menggelembung dan pecah karena menggunakan suhu tinggi)
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat baru keluarkan dari ctakan. Dinginkan. Simpan di dalam kulkas agar lebih nikmat


Selamat mencoba

Kue Kasui

Alhamdulillah nambah lagi ilmu..kali ini Latbar dengan tetangga yang berbaik hati mau share resep ini..

Klo di sini namanya kue kasui dibuat dari tepung tapioka dan di atasnya ditaburi dengan kelapa parut, klo di Indonesia kira2 namanya kue apa ya..

Nyam..nyam..legit banget..sampe2 juragan besar habis 7 buah qiqiiqiqqi

Aaah indahnya berbagi...



Bahan:
500 gram tepung tapioka
3 cups tepung terigu
9 cups air
Kapur sirih secukupnya *larutkan dengan sedikit air
Aduk bahan hingga tercampur rata, saring

3 cups gula pasir
2 cups gula merah
2 cups air * diambil dari 11 cups air
Masak hingga gula larut, biarkan dingin

Cara membuat:
1. Oles cetakan dengan minyak. Sisihkan
2. Panaskan dandang
3. Campur bahan tepung dan gula hingga tercampur rata
4. Masukkan ke dalam cetakan. Kukus lebih kurang 20' atau sampai matang
4. Angkat dinginkan, keluarkan dari cetakan

Selamat mencoba..^_^
.

Sate Ayam

Salah satu kesukaannya Avis ...sekali makan bisa habis 20 tusuk sate euy....alhamdulillah seneng banget bikin bunda semangat masak nih :)

Pandan Roll Cake

Keranjingan bikin bolu gulung soalnya berhasil menggulung cakenya dengan sukses hehheh...
Kali ini bikin dengan resep yang berbeda dari Bunda Ricke ..hasilnyaaa ..lembuuuut banget..TOP markotop deh pokoknya


Ini resepnya:

Bahan:
6 butir telur utuh
6 butir kuning telur
130 gram gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1 sdm air
100 gram terigu protein sedang/all purpose
20 gram susu bubuk
1/4 sdt bp
1 sdt essence vanilla *saya pakai 1/2 sdt pasta pandan
100 gram margarin + 30 gram unsalted butter . Lelehkan
Loyang 32x32x4 cm
1 sdt pasta coklat untuk membuat motif *saya ga pake

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190'-200' C
2. Ayak terigu, susu bubuk dan baking powder
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan air hingga menggembang, kental dan putih berjejak *jambul petruk
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit hingga rata
5. Masukkan margarine dan butter sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan menggunakan teknik aduk balik hingga rata
6. Tuang ke dalam adonan, ratakan permukaannya. Bakar hingga matang lebih kurang 25-30 menit. Hinggapermukaannya kecoklatan. Jangan sampai over bake karena akan menyulitkan pada saat menggulung.

Selamat mencoba *_^

Chicken Floss Bun

Masih pake resep yang pernah saya posting untuk membuat roti manis dengan metode water=roux-paste/tang zhong
 
Ini resepnya:
 
Water-Roux-Paste/Tang Zhong
25 gram terigu protein tinggi
125 ml air

Cara membuat Tang Zhong:
Campur terigu dan air hingga rata. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk dengan menggunakan whisk hingga mengental membentuk paste. Tidak perlu sampai mendidih meletup-letup. Warna paste-nya putih susu. Jika sudah berwarna keabu-abuan berarti sudah terlewat dan tidak bisa dipakai.
Angkat. Aduk-aduk hingga agak hangat. Tutup dengan plastik wrap biarkan dingin sampai waktunya dipakai.

Dough/Adonan Utama Roti:
375 gram terigu protein tinggi 
100 gram terigu protein sedang (all purpose flour/palin flour)
35 gram susu bubuk
75 gram gula kastor
 1 sdt garam (peres)
1 sachet ragi instant (11gram)
2 kuning telur, kocok lepas
150 air es *saya ganti susu cair - penggunaan air disesuaikan dengan kebutuhan, bisa lebih atau kurang, tergantung kondisi adonan masing-masing.
50 gram butter *suhu ruang

Bahan Polesan:
1 kuning telur, kocok lepas
2 sdm susu cair
Butter, untuk memoles setelah matang agar permukaan menjadi mengkilap

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan susu bubuk ke dalam baskom besar. Tambahkan gula kastor dan vanilla susu. Aduk rata. Masukkan ragi instant. Aduk rata.
2. Masukkan water-roux-paste dan kuning telur. Aduk rata.
3. Secara bertahap sedikit demi sedikit masukkan air es/susu cair sambil diuleni hingga adonan kalis. Perhatikan kondisi adonan msing-masing, jika adonan sudah cukup kalis dan air masih bersisa tidak perlu ditambahkan lagi. Begitu pula sebaliknya, jika air sudah habis tapi adonan masih terlalu kering, airnya bisa ditambah.
4. Masukkan garam dan butter. Lanjutkan menguleni hingga seluruh butter tercampur merata pada adonan dan licin. uleni hingga adonan kalis dan elastis.
5. Bulatkan adonan Taruh dalam plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan selama lebih kurang 1-2 jam hingga mengembang 2x lipat.
6. Kempeskan adonan. Uleni legi sebentar. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai berat yang diinginkan. Saya membuatnya dengan berat masing-masing 50 gram. Dapat sekitar 18-19 roti. Diamkan sekitar 10 menit.
7. Bentuk adonan sesuai keinginan masing-masing. Tata di atas loyang yang sudah diolesi mentega. Diamkan kembali lebih kurang 30 menit. Poles dengan bahan polesan. Panggang dalam oven dengan suhu sedang sekitar 150'-180' hingga matang dan permukaannya kecoklatan.Sekitar 10-15 menit. Keluarkan dari oven. Panas-panas poles permukaannya dengan butter. *Naaaah ini yang saya luap huhuhuhu

*Perhatikan pada saat memanggang, apabila bagian bawah sudah kuning kecoklatan, dan bagian atas belum, gunakan api atas sampai warnanya kecoklatan. Jika menggunakan otang, maka adonan bisa dipindahkan ke bagian atas. Penggalaman bikin yang pertama gosooooong karena ga diliat2 huhuhuh

Yuuuk dicobain..ga bakalan nyesel deeh..
.

Martabak Manis Keju

Hujan = laper = makaaaaaan
Hujan2 gini enaknya ngemil, akhirnya kesampaian juga martabak manis bikinan sendiri yang sudah uueenaaaak...
Masih pake resep Bunda Ricke .. satu resep bisa jadi 5 buah martabak mini..
Isiannya pake yang keju dan coklat..lariiiis manis..
yang coklat sudah ludes dimakan avis dan temen2nya...jadinya tinggal yang keju..klo yang ini jatah bunda pastinya
Sambil nyeruput teh panas...ehhhmmmm mantaaap..satu??? Mana cukuup..*yaealan wong porsinya aj mini qiqiiqiqiiq
Mariiiii


Ini dia resepnya:



Resep ini bisa juga dipakai untuk membuat martabak manis (terang bulan) ukuran standar (tebal dan besar). Loyang martabak saya berukuran diameter dalam 18 cm (bisa jadi 2 buah). Jika tipis bisa menggunakan wajan teflon biasa. Tetapi jika tebal sebaiknya menggunakan loyang khusus martabak agar hasilnya matang sempurna tetapi kulitnya tidak mudah hangus.

Bahan:
250 gram terigu protein sedang
400 ml air (bisa diganti susu cair/santan)
30 gram gula pasir
1/2 sdt garam
2 buah telur (klo mau lebih lembut pakai kuningnya saja)
1 sdt baking powder (aku pake BPDA)

Bahan tambahan per loyang:
1/4 sdt soda kue
Gula pasir untuk taburan

Bahan isi:
Sesuai selera (coklat, kacang, keju, selai, dll)
Susu kental manis

Bahan olesan:
Butter/margarin

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan baking powder. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula dan garam sampai gula larut. Tambahkan susu. Aduk rata.
3. Masukkan campuran terigu dan baking powder. Kocok rata sampai lembut dan tidak ada lagi gumpalan terigu. Bila masih ada bisa disaring. Diamkan 1 jam atau lebih.
4. Panaskan loyang martabak sampai panasnya merata dan cukup (loyang tidak usah dioles). Jika sudah panas, kecilkan api (kecil banget ya). Biarkan sekitar 10 menit agar panasnya stabil.
5. Bagi 2 adonan. Tambahkan 1/4 sendok teh soda kue yg dilarutkan dg 1 sensok makan air. Aduk cepat merata. Langsung tuang ke loyang yg sudah panas. Biarkan sampai muncul gelembung dan berlubang-lubang. Taburi gula pasir. Tutup loyang dan biarkan sampai matang (permukaan sudah tidak cair/basah).
6. Angkat. Segera oles dengan butter/margarin. Beri isian. Beri susu kental manis. Belah jadi 2 bagian, tumpuk. Oles lagi permukaan kulit luarnya dengan butter/margarin. Potong-potong. Sajikan hangat.
7. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan.

Selamat mencoba.

Note:
- Jangan lupa untuk memasukkan soda kue terakhir kali saat adonan akan dituang ke loyang. Jangan dimasukkan di depan dan didiamkan 1 jam, efek soda kue akan hilang. Menurut informasi soda kue hanya bereaksi dan memberi efek maksimal 10 menit setelah dicampur ke dalam adonan. Ini kuncinya martabak akan menghasilkan serat/sarang yg bagus.
- Jika terburu-buru adonan bisa langsung digunakan tanpa didiamkan dulu 1 jam. Tapi akan agak beda di teksturnya ya, klo didiamkan dulu adonan akan lemas dan menghasilkan tekstur martabak yang lembut.

Aneka Roti

Fresh From The Oven...Yuuuuuk mareeee
Ini kali kedua bikin roti...soalnya ada yang request minta dibikinin lagi..empuuuuk banget..ssstttt katanya layak untuk dijual neeh...*merah kuning hijau biru tutup muka pake oven qiqiiqiq
Yang satu isinya pisang coklat dan yang satunya lagi sosis..nyaam..nyaaam

Ini pake resepnya Bunda Ricke

Water-Roux-Paste/Tang Zhong
25 gram terigu protein tinggi
125 ml air

Cara membuat Tang Zhong:
Campur terigu dan air hingga rata. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk dengan menggunakan whisk hingga mengental membentuk paste. Tidak perlu sampai mendidih meletup-letup. Warna paste-nya putih susu. Jika sudah berwarna keabu-abuan berarti sudah terlewat dan tidak bisa dipakai.
Angkat. Aduk-aduk hingga agak hangat. Tutup dengan plastik wrap biarkan dingin sampai waktunya dipakai.

Dough/Adonan Utama Roti:
375 gram terigu protein tinggi *saya pake all purpose flour semuanya
100 gram terigu protein sedang (all purpose flour/palin flour)
35 gram susu bubuk
1 sdt bubuk vanilla susu *ga pake
75 gram gula kastor *saya pake 100 gram
1 sdt garam (peres)
1 sachet ragi instant (11gram)
1/2 sdt bread improver *saya ga pake
2 kuning telur, kocok lepas
150 air es *saya ganti susu cair - penggunaan air disesuaikan dengan kebutuhan, bisa lebih atau kurang, tergantung kondisi adonan masing-masing.
50 gram butter *suhu ruang

Bahan Polesan:
1 kuning telur, kocok lepas
2 sdm susu cair
Butter, untuk memoles setelah matang agar permukaan menjadi mengkilap

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan susu bubuk ke dalam baskom besar. Tambahkan gula kastor dan vanilla susu. Aduk rata. Masukkan ragi instant. Aduk rata.
2. Masukkan water-roux-paste dan kuning telur. Aduk rata.
3. Secara bertahap sedikit demi sedikit masukkan air es/susu cair sambil diuleni hingga adonan kalis. Perhatikan kondisi adonan msing-masing, jika adonan sudah cukup kalis dan air masih bersisa tidak perlu ditambahkan lagi. Begitu pula sebaliknya, jika air sudah habis tapi adonan masih terlalu kering, airnya bisa ditambah.
4. Masukkan garam dan butter. Lanjutkan menguleni hingga seluruh butter tercampur merata pada adonan dan licin. uleni hingga adonan kalis dan elastis.
5. Bulatkan adonan Taruh dalam plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan selama lebih kurang 1-2 jam hingga mengembang 2x lipat.
6. Kempeskan adonan. Uleni legi sebentar. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai berat yang diinginkan. Saya membuatnya dengan berat masing-masing 50 gram. Dapat sekitar 18-19 roti. Diamkan sekitar 10 menit.
7. Bentuk adonan sesuai keinginan masing-masing. Tata di atas loyang yang sudah diolesi mentega. Diamkan kembali lebih kurang 30 menit. Poles dengan bahan polesan. Panggang dalam oven dengan suhu sedang sekitar 150'-180' hingga matang dan permukaannya kecoklatan.Sekitar 10-15 menit. Keluarkan dari oven. Panas-panas poles permukaannya dengan butter. *Naaaah ini yang saya luap huhuhuhu

*Perhatikan pada saat memanggang, apabila bagian bawah sudah kuning kecoklatan, dan bagian atas belum, gunakan api atas sampai warnanya kecoklatan. Jika menggunakan otang, maka adonan bisa dipindahkan ke bagian atas. Penggalaman bikin yang pertama gosooooong karena ga diliat2 huhuhuh

Yuuuk dicobain..ga bakalan nyesel deeh..
.

Mexican Bun a.k.a Roti Boy


Dah lama penasaran dengan roti yang satu ini...biasanya selalu beli yang namanya mexican bun ini
Kali ini nyobain bikin sendiri, masih teteeeup pake resep bunda ricke. Resepnya agak dirubah sedikit menyesuaikan dengan bahan2 yang ada
Untuk rotinya menggunakan resep roti empuk NCC


Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi *saya pake all purpose
100 gram gula pasir
100 gram mentega
11 gram (1 bungkus) ragi instant *campur dengan air hangat 50 ml (diambil dari 200 ml air es)
1/2 sdt bread improver *ga pake
4 butir kuning telur
200 ml air es (plus siapkan 100 ml lagi untuk jaga-jaga jika adonan masih terlalu kering)
1/2 sdt garam


Bahan isi:
Butter beku, potong-potong kotak dadu *ga pake

Cara membuat:
Campur tepung, gula, KECUALI GARAM, aduk rata. Masukkan ragi instant yang sudah dicampur dengan air hangat. aduk rata. Masukkan air es 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata dan setengah kalis.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis (licin, halus, mengkilat dan tidak mudah sobek jika dibeberkan sampai tipis). Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah, istirahatkan sampai mengembang 2x lipatnya (sekitar 1-1 1/2 jam).
Kempiskan adonan, timbang masing-masing 45 gram. Pipihkan, isi dengan butter beku. Bulatkan kembali. Istirahatkan kembali sampai mengembang lagi untuk kedua kalinya (sekitar 45 menit).

Bahan topping:
50 gram gula halus
50 gram gula palem
100 gram mentega
80 gram telur tanpa kulit (ditimbang ya)
130 gram terigu protein rendah
5 gram kopi hitam instan, larutkan dengan 1 sendok makan air panas, dinginkan
5 gram essence kopi coffeenoir (ini nih yg bikin aromanya semerbak)

Cara membuat topping:
Kocok mentega, gula halus, gula palem dan telur hingga lembut dan creamy. Masukkan terigu, aduk rata. Masukkan larutan kopi dan essence kopi coffeenoir. Aduk rata.
Masukkan dalam kantong segitiga, gunting sedikit ujungnya.

Penyelesaian:
Semprotkan topping di atas roti bulat yang telah mengembang. Semprot dengan pola melingkar seperti obat nyamuk mulai dari puncak roti sampai 3/4 bagian roti tertutup topping (sisakan 1/4 bagian yg tidak dicover topping karena topping akan meleleh selama proses pemanggangan). Semprotnya yg rapat ya, agar bagus dan mulus hasilnya.
Panggang dalam oven bersuhu 150'-180'C tergantung dari oven masing2 sampai matang sekitar 15 menit. Apabila topping belum begitu kering, pindahkan ke rak paling atas dan panggang lagi sebentar saja. Angkat. Sajikan hangat.
 
Semalat Mencoba ^_*

Bolu Gulung Ekonomis


Alhamdulillah berhasil menaklukkan si bolgul ini, secara baru pertama kali dengan hasil yang lumayaaaaan...*kedip2

Bolu gulung ekonomis ini hasil nyontek dari resepnya bunda ricke..nuhun ya buuun..walaupun hasil masih jauuuuh dari sang master...*tutup muka pake loyang qiqiiq

Resep ini harusnya menggunakan loyang uk 30x30, berhubung adanya hanya loyang 20x20 jadinya adonan dibagi 2. Taraaaa...hasilnya pun jadi ada 2..satunya muluuuus dan satunya lagiii ahaaa...berhasil bikin "bolu gulung ketawa" hihihihihh

Yang merekah itu hasil dari bakaran pertama, sepertinya terlalu kering dan menggulungnya pada saat cakenhya udah dingin. Naaaah untuk yang kedua itu alhamdulillah berhasil dengan sempurnaaa..*menurut saya loh hehhe
Ini dia resepnya:

Bolu Gulung Ekonomis ala Ordinary Kitchen
by Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
6 butir telur utuh (gunakan telur yg fresh, putih telur masih kental dan kuning telur masih utuh dan bagus)
90 gram gula pasir halus (gula kastor)
1 sdm cake emulsifier
70 gram terigu protein sedang/all purpose
10 gram maizena
10 gram susu bubuk
1 sdt vanilla essence (saya pakai vanilla susu L'Arome)
125 gram mentega, lelehkan dan dinginkan

Loyang:
1 buah 30x30x4 cm
atau
2 buah 22x22x4 cm

Cara membuat:
1. Siapkan loyang, olesi dasarnya dengan margarin/minyak loyang, alasi dengan kertas roti/baking paper. Oles lagi dengan margarin/minyak loyang. Sisihkan.
2. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk dan campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (cek kekentalan dg mengangkat mixer, adonan akan jatuh perlahan, tidak encer).
3. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula karet hingga merata dan homogen.
4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yg sudah dipanaskan 200'C (api besar) sampai matang dan permukaan berkulit kecoklatan dan cukup kering bila disentuh.
5. Keluarkan dari loyang. Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.

*Note: Pada saat membakar cakenya jangan sampai terlalu kering dan harus dalam kondisi panas pada saat menggulung, agar pada saat digulung adonan tidak pecah

Selamat mencoba..ternyata tidak sesulit yang dibayangkan loh....
.

Bolu Kukus


Dah lama ga bikin bolkus ini..resep dan cara bikin yang simple alias ga pake susyaaah...hehhe
Kali ini bikinnya ditambahin tepung Tang Mien..jadinya empuuuuk banget...hhehehhe

Resep Bolu Kukus

Bahan;
400 gr tepung terigu all purpoese
50 gr tepung tang mien
400 gr gula putih
1 sdm SP
5 butir telur
1 kaleng minuman bersoda

caranya;
masukkan semua bahan dalam satu wadah, lalu kocok dengan kecepatan tinggi sampai adonan benar2 kental, putih dan mengembang *kurleb 10-15 menit, kemudian masukkan ke dalam cetakan bolu kukus lalu kukus selama 10 menit. jngn lupa penutup pengukusannya di lapisi lap biar air td menetes k dlm bolu kukus

selamat mencoba.

Siomay

Resepnya dari bunda Ricke Indriani, emang bener enaaak..arroooooooooy maak..makasih banyak ya buuuun

Resepnya di sini  http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2010/07/siomay-goreng.html

Cream Soup with Brokoli

Sarapan yuuuuuk, pagi" enaknya sarapan pake cream soup...ssrrruuuup mantaaap..heehh
Juragan kecil sampe ga sabar nungguin matengnya, soalnya pake disambil dengan pekerjaan lain....*jangan bilang klo sibuk FB-an juga yaah hehhehe
Senengnya masak cream soup ini, ga pake ribet alias simple bangeeet soal rasa jangan ditanya deh..*ssssttt juragan kecilnya sampe minta nambah loh..duuuh senengnya..



Resepnya nyontek dari sini, http://wolipop.detik.com/read/2012/05/01/134758/1905981/1136/resep-membuat-sup-krim-hangat-nikmat
Daaan seperti biasa, resepnya diobrak abrik sesuai dengan selera dan persedian bahan hehheh

Bahan:
250 gr ayam fillet
100 gr brokoli
1 sdm mentega
1 siung bawang putih, cincang
20 g bawang bombay cincang
250 ml susu segar
400 ml kaldu ayam
2 lb keju slice *potong kecil"
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
3 sdm terigu

Pelengkap:
Brokoli
Toti tawar kering
Oregano

Cara membuat:
Rebus ayam hingga masak, biarkan dingin. Lalu potong ayam sesuai selera atau bisa juga disuwir2. Sisihkan
Rebus brokoli hingga matang, angkat , tiriskan
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu.
Masukkan tepung terigu aduk hingga tercampur rata.
Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk2.
Masukkan ayam lalu tambahkan keju, aduk rata.
Tambahkan susu sambil terus diaduk tambahkan bahan lainnya. Dicicipi hingga rasanya pas.
Angkat pada saat sudah mendidih pertama kali.
Sajikan dengan Pelengkapnya.

Untuk 4 orang

Selamat mencoba .
.

Ikan Goreng Tepung Asam Manis


Menu makan siang kali ini, masak yang simple tapi maknyuuus..heehh
Ada ikan fillet trus digoreng tepung kemudian dituangi dengan saus asem manis..wuuuiiih bisa nambah berkali2 nih...*siap2 nyimpen timbangan euy qiqiiq

Resep ikan tepungnya diambil dari resep bogasari
http://bit.ly/TtXtal

Chicken Crispy

Bahan:
- Terigu Segitiga Biru secukupnya
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- air secukupnya

Cara Pembuatan :
- ayam dipotong2 sesuai ukuran yg di inginkan
- cuci ayam rendam pakai cuka
- siapkan tepung terigu Segitiga Biru secukupnya
- siapkan air yg sudah d beri bumbu penyedap, merica dan garam secukupnya
- masukan ayam dalam air yang sudah berbumbu
- gulingkan ayam ke dalam tepung terigu, lalu masukkan lagi dalam air yang sudah bumbu lagi dan kembali gilingkan dlm tepung terigu
- setelah dua tahap lalu goreng ke dalam minyak panas.

Untuk sausnya resep sendiri pake ilmu kira2 hehe
Saus:
1/4 b bombay (iris halus)
3 buah b merah
1 buah b putih
1 bh tomat
nanas secukupnya buang bonggolnya
Saus tomat +- 6 sdm
1 gelas air
maizena secukupnya (larutkan dengan air
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara Membuat:
1 Tumis bawang hingga 1/2 matang, masukkan tomat dan cabe tumis hingga harum
2. Tambahkan saus tomat, lalu air tambahkan gula dan garam cicipi hingga terasa pas masak hingga mendidih
3. Terakhir tambahkan larutan tepung maizena aduk sebentar hingga mendidih. Angkat
4. Tuang di atas ikan goreng tepung
5. Siap disantap

Selamat mencoba

Sop Iga Sapi

Susah mau nyari iga sapi di Thailand..biasanya harus pesen dulu, kebetulan ada temen yang tinggal di daerah yang pasarnya banyak muslim jadinya nitip deh minta dibelikan. Alhamdulillah kesampain juga bikin Sop Iga Sapi sendiri

Resep modified by Yuyun 'Bunda Avis'

500 gram iga sapi
2 liter air
Garam secukupnya
Masak iga hingga empuk


Bumbu halus:
4 siung bawang putih
8 buah bawang merah


1 sdt merica halus
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt  chinese five spice

Pelengkap:
Tomat
Jeruk nipis
Sambal

Cara membuat:
  • Rebus iga hingga empuk. 
  • Tumis bumbu halus hingga harum, Masukkan ke dalan rebusan iga
  • Masak kembali hingga mendidih
  • Angkat. sajikan
Selamat menikmati ^_*


Keladi Serut




Punya sisa keladi atau talas (kalau di t4 saya namanya keladi), belinya besar banget. Yang 1/2 udah digoreng biasa nah yang 1/2 lagi dibikin ini. Klo di Pontianak namanya keladi serut, ini menjadi salah satu pilihan untuk berbuka puasa.
Cara bikinnya gampang kok, hanya diserut aj trus ditambahin merica dan bawang putih halus. Lalu dibulatkan sesuai selera, setelah itu digoreng hingga kecoklatan.
Enaknya dimakannya selagi hangat pake saus sambal botolan atau klo mau bikin sendiri juga bisa. Lumayan buat cemilan di sore hari..
Kriuuuuk di luar lembut dibagian dalam..Alhamdulillah



Sajikan dengan saus cabe sebagai pelengkap


Saus cabe:
10 butir cabe merah
3 siung bawang putih
500 ml
gula
garam
2 sdm cuka
* Haluskan bawang putih dan cabe merah. Masukkan air, tambahkan gula, garam dan cuka. Masak hingga memdidih. Angkat. Dinginkan
Cobain yuuuuk..^_*
 

Sayur Pakis Santan ' Gulai Pakis'





Sering juga dulu makan ini, dengan bumbu sederhana bila sudah diracik oleh Ibunda tercinta rasanaya akan mengalahkan masakan yang ada di resto-resto...*Terima kasih mama'
Di Thailand sendiri agak susah menenukan pakis ini, jadi pas nemu langsung deh ga pake pikir panjang langsung aj dibeli hehehh

Resep by Yuyun 'Bunda Avis'

2 ikat pakis ukuran sedang  *sisir

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
4  buah bawang merah
1/2 sdt ketumbar
1 butir kemiri
4 buah cabe merah

1 batang serai geprek
1 cm lengkuas geprek
500 ml santan sedang
Gula secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat:
  • Tumis bumbu halus, serai, lengkuas hingga harum. Tambahkan santan
  • Masukkan pakis tambahkan gula dan garam sesuai selera. Masak hingga pakis matang
  • Angkat. sajikan 
Selamat mencoba :)

Putu Ayu






Mengapa eh mengapa......

Udah lama pengen bikin putu ayu, dah lama juga beli cetakannya dan udah lama juga beli kelapa parutnya daaaan baru terlaksana sekarang....*edisi males yang berkepanjangan nih heheheh

Tapii setelah jadi kok jadinya si kelapa parutnya berubah warna yaa..jadi namanya diganti aj jadi Putu aAyu yang ga ayu hehehhehe..*huhuhu dibagian mana nih salahnya
Untung ajah masih terobati oleh rasanya yang okeeeh punya..sampe2 baru ajah diangkat dari kukusan suami dah ga sabar mau nyicipin qiqiiqiqiq..alhamdulillah

Next time pengen nyobain lagi moga2 aja hasilnya sesuai dengan harapan.
.

Resepnya pake punya Bunda Ricke yang sudah dimodif oleh neng Diah Raki..daaan dimodif lagi by me ...:)

Bahan:

250 gram terigu protein sedang, ayak *saya pake tepung all purpose ^^
 125 gram gula pasir (silahkan ditambah klo suka lebih manis)
4 butir telur
1 sdt cake emulsifier (SP/TBM/Ovalette)  *saya ga pake
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanili bubuk *saya g pke

2 lembar daun pandan, sobek-sobek
200 ml santan sedang *saya pake santan instan 100ml+air100ml
1 sdt pasta pandan *saya ga pake
Beberapa tetes pewarna hijau jika diperlukan *saya ga pake
Kelapa parut yang agak muda secukupnya (skitar 100 gram)
Sejumput garam
 
Cara membuat:
1. Siapkan cetakan, olesi dengan sedikit minyak. Sisihkan.
2. Kukus kelapa parut dengan garam dan vanili bubuk. Angkat. Dinginkan. *aya ga dikukus dulu
3. Tata kelapa parut di dasar cetakan, tekan agar padat. Sisihkan.
4. Masak santan bersama daun pandan hingga panas cukup sekali mendidih saja. Matikan api. Buang daun pandannya. Dinginkan. Masukkan pasta pandan dan pewarna hijau. Aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier, garam dan vanili bubuk dengan mixer kecepatan sedang hingga MENGEMBANG, PUTIH, KENTAL dan KAKU.
6. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk merata atau gunakan mixer kecepatan paling rendah.
7. Masukkan larutan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula karet dengan teknik aduk balik. Sampai benar-benar merata.
8. Panaskan kukusan dengan api besar. Bungkus tutup kukusan dengan kain atau serbet yang bagus menyerap airnya.
9. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah diberi kelapa parut. Tuang hingga hampir penuh (adonan cukup kental jadi gak akan meleber keluar cetakan kok)
10. Kukus dengan api sedang selama 20 menit atau sampai matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan. Sajikan.

Note:
- Agar kue mengembang sempurna dan empuk pengocokan telur harus sampai benar-benar KENTAL dan agak KAKU.
- Klo ga punya cetakannya, berdayakan apa yang ada aja deh. Pake cetakan cup cake yang satuan juga oke. Mau dibikin di loyang yang besar juga oke, setelah matang tinggal dipotong-potong. Tapi klo di loyang besar jangan dituang terlalu tinggi nanti susah matang. Tuang setengah tinggi loyang aja.
- Agar kue tidak menjadi kering, setelah matang dan didinginkan, simpan dalam wadah tertutup ata kemas dengan plastik makanan.


Selamat mencoba ^_*

Wednesday, 22 May 2013

Tumis Ikan Nila



Waktu masih suka anter avis sekolah, ibu-ibunya juga ikutan nganter. Biasanya suka ngumpul sambil potluck. Masing-masing bawa makanan untuk di share bersama. Waaah jadi kebayang masa indah itu...huhuhuh...
Naah salah satunya yaitu bunda Arny bawa tumis ikan nila ini..rasanya ueenaaak banget....Besoknya diniatin ke pasar buat beli ikan nila yang sudah digoreng, jadi di rumah tinggal tumis aj
Bumbunya simple aj tapi rasanya mantaaaap banget :)

Resep by Yuyun ' Bunda Avis'

2 siung bawang putih
3 buah bawang merah
2 buah cabe merah
2 buah cabe hijau
1 buah tomat
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
  • Tumis bawang hingga harum, masukkan cabe merah, cabe hijau, tumis sebentar.
  • Tambahkan air, masukkan tomat tambah gula dan garam sesuai selera
  • Masukkan ikan nila, masak sebentar hingga bumbu meresap
  • Angkat. Siap untuk disantap
Selamat mencoba :)

Nugget Tahu







Nyobain resep chicken nugget-nya pak wied harry tapi ayamnya diganti dengan tahu..rasanyaa..waaaah maknyuuus..dengan sensasi kress..kress waktu makanya
Sampe2 jagoanku udah nyomot duluan hehehhe..


Nugget Tahu

BAHAN:
500 g tahu *haluskan
1-2 butir telur
3 siung bawang putih, cincang
150 g bawang bombai, cincang
200 g (6-7 lembar) roti tawar tanpa pinggiran *saya pake bread crumb
350 ml kaldu ayam/air
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
50 gr brokoli ambil bag hijaunya *iris halus
50 gr wortel *parut halus
100 gr keju *parut halus
Daun bawang *iris halus
minyak goreng untuk mengoles, menumis, dan menggoreng

Pelapis:
300 g tepung panir/tepung roti
3 butir telur, kocok dengan garpu hingga rata


CARA MEMBUAT:
1. Olesi loyang 20x20x6 cm dengan minyak goreng. Lapisi daun pisang atau kertas aluminium, sisihkan. Panaskan dandang berisi air untuk mengukus di atas api kecil.
2. Campur tahu brokoli, wortel, keju parut,daun bawang, dan telur. Sisihkan
3. Tumis bawang putih dengan 3 sdm minyak goreng hingga harum. Tambahkan bawang bombai, aduk-aduk hingga layu, angkat. Sisihkan.
4. Taruh roti tawar dalam mangkuk besar, tuangi kaldu/air. Remas-remas hingga lumat. Tambahkan daging, bawang tumis, merica, dan garam. Aduk rata.
5. Besarkan api kompor ke nyala sedang.
5. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Masukkan ke dalam dandang. Kukus hingga masak (30 menit), angkat. Sisihkan hingga dingin.
6. Bila perlu simpan 4-12 jam dalam lemari es, agar lebih mudah dipotong dan hasil potongannya mulus. Potong-potong sesuai selera. Gulingkan potongan nugget dalam tepung panir, celupkan dalam telur kocok, gulingkan lagi dalam tepung panir.
7. Simpan dalam freezer lemari es. Tahan hingga 2 minggu.

Makanan yang sehat bisa enak dan makanan yang enak bisa sehat..mari dicobain .
.
Makasih banyak pak WIED

Bolu Kukus Gulung






Kali ini nyobain bikin bolu kukus gulung, secara belum pernah bikin yang namanya cake yang serba digulung...*ga pede euy..hheheh

Kali ini nyobain pake resep dari http://www.griyakuliner.com/bolu-kukus-gulung-pandan/

dengan sedikit diobrak-abrik pada penggunaan tepung dan emulsifier

Hasilnya..lumayan deh buat yang masih amatiran seperti saya..empuuk banget walaupun hasil menggulungnya masih belepotan hehhe..dan yang paling disukai adalah ga pake susaah ..qiqiiqiqi
Alhamdulillah bisa buat buka puasa..huhuhu

Ini dia resepnya:
Bahan:
40 g gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt cake emulsifier *ga pake
2 butir telur
50 g tepung terigu *pake tepung beras campur
50 ml santan kental


Cara membuat:
1. Kocok gula pasir, garam, dan telur hingga mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
3. Tuang santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
4. Tuang adonan setebal 2 mm ke dalam loyang ukuran 22x22x4 cm yang telah dialas kertas roti, ratakan.
5. Kukus adonan hingga matang kurang lebih selama 10 menit.
6. Angkat, keluarkan dari loyang dan biarkan uap panasnya hilang.
7.Tambahkan isian sesuai selera
8. Ratakan isisan di atas bolu, gulung dan padatkan.
9. Potong sesuai selera, sajikan.

**Di dalam resep menggunakan vla sebagai isian, saya hanya menggunakan selai nanas yang ada di rumah aj untuk isiannya

Mie Telor Sehat






Dah lama ga bikin mie telor sendiri, kebetulan di kulkas ada sisa umbi bit dan bakso....kebayang pengen bikin mie ayam bakso..*memanfaatkan sisa bahan2 yang ada

Kenapa ga dicoba aj bikin mie telor pake umbi bit...yang sudah terkenal karena manfaatnya..



Mie ini insyaallah lebih sehat selain karena bikinan sendiri yang tanpa tambahan bahan pengawet dan bahan sintetis lainnya

Ini dia resepnya..

(http://cara-membuat-mie.blogspot.com/2008/04/cara-membuat-mie-sehat.html

MI SEHAT

BAHAN:
- Tepung terigu protein tinggi 500gr
- Umbi bit 100 gram
- Air 75 ml
- Tepung kanji 25 gram
- Garam 2 sendok teh
- Telur ayam 2 butir, kocok lepas
- Minyak goreng 2 sendok makan *aku pake olive oil
- Tepung maizena 1 sendok makan

CARA MEMBUAT:
1. Iris halus bit kemudian rebu sehingga mendidih, angkat dinginkan
2. Blender bit dan air lalu tambahkan telur dan garam.
3. Tuang adonan bayam ke dalam tepung terigu dan tepung kanji sambil diuleni. Masukkan minyak goreng sambil terus diuleni hingga tercampur rata.
4. Giling mi dengan ukuran 1 hingga halus, pindah ke ukuran 2 hingga halus dan seterusnya hingga ukuran 4.
5. Masukkan ke dalam pemotong, pilih yang ukuran kecil. Taburi dengan tepung maizena.
6. Rebus mi hingga terapung, angkat lalu perciki dengan minyak goreng, aduk lalu dinginkan.
7. Mi siap diolah
Standar Untuk 900 Gram

Selamat mencoba!!
Yuuk sajikan makanan yang enak dan sehat untuk keluarga tercinta...^_^
.