Thursday 23 May 2013

Chicken Floss Bun

Masih pake resep yang pernah saya posting untuk membuat roti manis dengan metode water=roux-paste/tang zhong
 
Ini resepnya:
 
Water-Roux-Paste/Tang Zhong
25 gram terigu protein tinggi
125 ml air

Cara membuat Tang Zhong:
Campur terigu dan air hingga rata. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk dengan menggunakan whisk hingga mengental membentuk paste. Tidak perlu sampai mendidih meletup-letup. Warna paste-nya putih susu. Jika sudah berwarna keabu-abuan berarti sudah terlewat dan tidak bisa dipakai.
Angkat. Aduk-aduk hingga agak hangat. Tutup dengan plastik wrap biarkan dingin sampai waktunya dipakai.

Dough/Adonan Utama Roti:
375 gram terigu protein tinggi 
100 gram terigu protein sedang (all purpose flour/palin flour)
35 gram susu bubuk
75 gram gula kastor
 1 sdt garam (peres)
1 sachet ragi instant (11gram)
2 kuning telur, kocok lepas
150 air es *saya ganti susu cair - penggunaan air disesuaikan dengan kebutuhan, bisa lebih atau kurang, tergantung kondisi adonan masing-masing.
50 gram butter *suhu ruang

Bahan Polesan:
1 kuning telur, kocok lepas
2 sdm susu cair
Butter, untuk memoles setelah matang agar permukaan menjadi mengkilap

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan susu bubuk ke dalam baskom besar. Tambahkan gula kastor dan vanilla susu. Aduk rata. Masukkan ragi instant. Aduk rata.
2. Masukkan water-roux-paste dan kuning telur. Aduk rata.
3. Secara bertahap sedikit demi sedikit masukkan air es/susu cair sambil diuleni hingga adonan kalis. Perhatikan kondisi adonan msing-masing, jika adonan sudah cukup kalis dan air masih bersisa tidak perlu ditambahkan lagi. Begitu pula sebaliknya, jika air sudah habis tapi adonan masih terlalu kering, airnya bisa ditambah.
4. Masukkan garam dan butter. Lanjutkan menguleni hingga seluruh butter tercampur merata pada adonan dan licin. uleni hingga adonan kalis dan elastis.
5. Bulatkan adonan Taruh dalam plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan selama lebih kurang 1-2 jam hingga mengembang 2x lipat.
6. Kempeskan adonan. Uleni legi sebentar. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai berat yang diinginkan. Saya membuatnya dengan berat masing-masing 50 gram. Dapat sekitar 18-19 roti. Diamkan sekitar 10 menit.
7. Bentuk adonan sesuai keinginan masing-masing. Tata di atas loyang yang sudah diolesi mentega. Diamkan kembali lebih kurang 30 menit. Poles dengan bahan polesan. Panggang dalam oven dengan suhu sedang sekitar 150'-180' hingga matang dan permukaannya kecoklatan.Sekitar 10-15 menit. Keluarkan dari oven. Panas-panas poles permukaannya dengan butter. *Naaaah ini yang saya luap huhuhuhu

*Perhatikan pada saat memanggang, apabila bagian bawah sudah kuning kecoklatan, dan bagian atas belum, gunakan api atas sampai warnanya kecoklatan. Jika menggunakan otang, maka adonan bisa dipindahkan ke bagian atas. Penggalaman bikin yang pertama gosooooong karena ga diliat2 huhuhuh

Yuuuk dicobain..ga bakalan nyesel deeh..
.

No comments: