Friday 6 September 2013

Klapertaart Keju

Bismillahirrahmanirrahiiim..


Sebenernya udah lamaaa banget pengen bikin ini, tapi entah kenapa selalu tertunda. Penasaran dengan rasa dan teksturnya..sering juga liat klapertaart ini sliweran dibeberapa group. Sampailah kemaren kesampaian juga bikin ga tau juga dapat semangat dari mana mendadak kuat banget niat untuk bikin hehehhe..

Dalam satu hari kemaren saya bikin 2 macam kue yaitu bika ambon dan klapertaart ini....niat bangeeete yaaaakqiqiiqiqiqi..
Bika ambon rencananya akan dibawa sebagai buah tangan acara halal bi halal di kompleks rumah. Sekalian ingin memperkenalkan makanan Indonesia yang belum pernah saya jumpai di sini..
Sedangkan untuk klapertaart unutk konsumsi pribadi hehehhe..

Cairan yang digunakan untuk membuat klapertaart ini biasa susu cair, tapi karena kemaren sekalian bikin bika ambon yang menggunakan air kelapa dan masih menyisakan lumayan banyak. Jadi  untuk cairan klapertaartnya saya ganti susu cair dengan air kelapa. Saya juga tambahkan whiping cream cair dan keju parut di dalamnya...
Hanya saja saya kelupaan menambahkan mentega ke dalam adonan.. maklumlah faktor "U" turut mempengaruhi hahahhahah...

Resepnya hasil browsing di tabloidnova, saya skip untuk penggunaan rhum selain itu saya tambahkan whipping cream cair dan keju parut ke dalam adonan
Karena saya ga terlalu suka manis, resep ini menurut saya terlalu manis. Aaaah namanya juga baru pertama nyobain bikin, kapan2 klo mau bikin  lagi bakalan dikurangi gulanya :)


Ini dia resepnya

Resep Klapertaart Keju
Modified by Yuyun Bunda Avis

Bahan A:

  • 500 ml air kelapa
  • 125 gr gula pasir
  • 75 gr mentega
  • 40 gram tepung terigu
  • 25 gram maizena
  • 200 ml SKM
  • 100 ml whipping cream cair
  • 100 gr keju parut
  • 3 butir kuning telur
  • 2 buah daging kelapa muda


Bahan B (untuk topping)

  • Kenari cincang
  • Kismis
  • bubuk kayu manis
Untuk topping menggunakan putih telur:
  • 6 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 20 gram terigu 
Cara membuat:
Bahan A:
  1. Masak 250 ml air kelapa, gula pasir dan mentega hingga mendidih dan mentega cair. sambil terus diaduk
  2. Campur sisa air kelapa dengan tepung maizena dan terigu, aduk rata.
  3. Masukkan adonan tadi ke dalam air kelapa mendidih aduk cepat agar adonan tidak menggumpal.
  4. Tambahkan kuning telur dan campuran SKM dan whipping cream cair. Terakhir masukkan daging kelapa muda. Aduk rata.
  5. Masukkan adonan ke dalam mangkok atau alumunium foil

Bahan B:
  1. Kocok putih telur setengah mengembang, masukkan gula sedikit demi sedikit hingga gula habis dan adonan putih telur menjadi soft peak (adonan tidak akan jatuh apabila baskom dibalikkan)
  2. Masukka ke dalam pipping bag. Semprotkan putih telur ke atas adonan. Beri topping kacang kenari, kismis dan keyu manis bubuk.
  3. Panggang dengan menggunakan metode au bain marie  dengan suhu 170' - 180' C  sampai topping berwarna kecoklatan.

Selamat mencoba ^_^








No comments: