Tuesday 29 October 2013

KETAN SRIKAYA JAGUNG

Bismillahirrahmanirrahiiim...




Pastinya makanan ini sudah ga asing lagi, udah banyak yang tau juga ketan srikaya ini. Ternyata ketan srikaya ini berasal dari Sumatera Barat, secara baru tau juga hehehhe..
Di kampung saya Pontianak juga ada yang jual ini, saya suka banget makan ketan ini.Rasa ketannya yang gurih ditambah dengan serikayanya yang manis menjadikan jajanan ini selalu bikin kangen.

Udah lama ga makan ketan serikaya ini, niatnya udah dari sekitar seminggu yang lalu mau bikinnya, Bahan-bahan yang diperlukan udah ada semua tapi ga tau kenapa si malas selalu saja datang dan selalu aj bikin kacau semua hehhehe...

Udah aj kemarin diniatin banget bikin,.. ..

Alhamdulillah akhirnya ketemu juga resep yang sreg dan cocok, resepnya diambil di sini
Saya tambahkan jagung ke dalam adonan srikaya, tapi sepertinya kurang banyak jadi ga berasa jagungnya hehehheh..lain kali kalo bikin bakalan ditambah jagungnya :)

Rasanya uenaaak pake banget, suami juga bilang enak...hehheheeh alhamdulillah
Terbayar sudah janji diri sendiri untuk bikin ketan srikaya ini
Untuk srikaya-nya sepertinya cukup menggunakan setengah resep saja.  Karena setelah saya coba, masih ada kelebihan adonan srikayanya. Atau mungkin juga karena saya menggunakan cetakan yang lebih kecil makanya masih ada sisa.
Untuk gulanya saya kurangi, karena saya bukan penggemar makanan yang terlalu manis..



RESEP KETAN SRIKAYA JAGUNG
Modified by Yuyun Bunda Avis

Bahan Ketan:
  • 250 gr ketan putih
  • 250 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan sobek2

Bahan Srikaya:
  • 6 butir telur
  • 100 gr jagung
  • 125 gram gula pasir
  • 400 ml santan
  • 2 sdt tepung maizena
  • *saya menggunakan blender

Cara membuat:
  1. Rendam ketan selama lebih kuran 2 jam.  Cuci bersih dan kukus dengan daun pandan hingga setengah masak sekitar 1/2 jam
  2. Angkat ketan, campur dengan santan yang sudah ditambahkan garam, aduk hingga rata diamkan hingga santan terserap dengan baik. Kukus kembali ketan hingga matang.
  3. Setalah ketan matang, dalam kondisi ketan panas ratakan dalam loyang yang diolesi dengan minyak atau dialas dengan plastik.
  4. Tuangkan bahan srikaya di atasnya. Kukus hingga matang dengan menggunakan api kecil.
  5. Angkat. Dinginkan. Potong2 sesuai selera.

Selamat mencoba..:)



No comments: