Wednesday 22 May 2013

Chai Kue ' Choi Pan'

Adalah Chinese Food dan menjadi salah satu makanan khas dari kota Pontianak. Banyak suku chinese yang berdomisili di Pontianak, terutama di kota singkawang sekitar 187 km dari kota Pontianak sering juga disebut kota ‘Amoy’. Amoy sendiri adalah sebutan untuk wanita keturunan chinese.
Makanan ini banyak dijumpai hampir di setiap pelosok kota Pontianak.

Chai kue ini dibuat dari campuran dari tepung tang mien, tepung tapioka dan tepung ketan. Ada banyak varian untuk isiannya sendiri bisa diisi dengan kucai, bengkoang, keladi, rebung atau bisa divariasi dengan selera masing-masing. Adonan digiling tipis lalau diisi dengan isian kemudian dilipat dan masak dengan cara dikukus atau di goreng. Dengan bumbu dominan bawang putih dan ebi menjadikan chai kue ini terasa gurih dan enak.

Karena tampilannya lembut dan kenyal jadi sekilas Chai Kue ini mirip dengan tampilan dumpling atau pangsit. Biasanya  Chai Kue ini disajikan dengan sambal pedas yang terbuat dari cabe rawit merah, bawang putih dan gula dan garam. Dengan rasa pedas yang menggigit akan membuat Chai Kue yang lembut ini akan terasa nikmat.

Di Thailand sendiri sering juga menemukan makanan sejenis tapi agak ragu untuk mencobanya dikarenakan di Thailand sendiri mayoritas penduduknya adalah non muslim.  Karena kangen dengan Chai Kue ini ada baiknya juga mencoba bikin sendiri dengan bahan yang kualitasnya terjamin dan yang terpenting adalah ‘Halal’ ..Emang agak ribet, menurut saya sih hehhe..secara baru pertama kali ini buat yang seperti ini…;)
Walaupun ribet tapi worthed lah dengan hasilnya..enyaaaaak..
Alhamdulillah tetap bisa menikamati makanan khas kampung halaman walaupun jauh dari kampung halaman :)

Resepnya saya copas dari  sini http://madamkwong.com/?p=671
Untuk isiannya kali ini saya gunakan kucai.

Kulit:Bahan: 200g tepung tang mien
100g tepung tapioka
50g tepung ketan
500ml air mendidih
1/2 sdm garam

Isi:
Kucai
Bawang Putih
Merica
Gula
Garam
Sedikit ebi halus

Cara membuat:
Tumis bawang putih hingga harum.
Masukkan merica tuang sedikit air.
Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Masukkan ebi halus.
Masukkan kucai aduk sebentar saja. Angkat

Cara:
Campurkan tepung tang mien, tepung tapioka, tepung ketan dan garam aduk hingga rata. Perlahan-lahan masukkan air mendidih sedikit demi sedikit hingga lembut dan halus sehingga bisa di bentuk.
Timbang adonan sekitar 50 gr (sesuai selera), Pipihkan lalu isi dengan isi sesuai selera. rekatkan ujungnya.
Letakkan di tempat yang sudah di olesi minyak . Kukus sekitar 7-9 menit.

Sedaaap..^_^

No comments: