Wednesday, 22 May 2013

Kerupuk Ikan





Kerupuk ikan ini dibuat secara ga sengaja..Awalnya ga niat nih mau bikin kerupuk. Tapi waktu kemarin rencannya bikin somay tapi kok hasilnya jauh dari harapan alias keraaaas banget hehehheheh….. Jangan-jangan salah resepnya nih…*edisi ngeles hehehhehh
Duuuh gimana nih bakalan ga ada yang mau makan klo keras hehehhe… Mau dibuang sayang juga udah buang waktu, tenaga dan bahan-bahan. Akhirnya pikir punya pikir kenapa ga dijadikan   kerupuk aj dan alhamdulillah ternyata percobaan yang gagal juga bisa menghasilkan sesuatu yang enak loh hehehhehe… Gimana ga enak ya wong bikinnya aj  pake ikan dicampur udang makanya lekeeeeer..lumayan bisa dijadikan temen makan nasi dan yang jelas kualitas bahan-bahannya terjamin tanpa bahan pengawet dan bahan-bahan berbahaya lainnya
Karena percobaan bikin kerupuk secara tidak sengaja pertama kali berhasil makanya jadi ketagihan untuk ngulang bikin lagi..nah ini dia hasilnyaaaa..
Resepnya nyomot di resepnya ncc, tapi saya acak-acak sedikit.
Kerupuk Ikan
Bahan:
500 gr daging ikan tengiri, haluskan
100 gr udang, haluskan
4 sdm bawang merah halus
2 sdm bawang putih halus
4 sdt lada halus
1 sdt chicken powder*ga pake
6 sdm gula pasir
6 sdt garam
1 sdm minyak wijen*ga pake
3 btr telur *kocok terpisah
1 kg sagu tani * saya pake tepung tapioka
air secukupnya
Cara membuat:
1. Buang kepala dan kupas kulit udang. Cuci bersih dan tumbuk atau diblender hingga halus.
2. Kocok telur lalu tambahkan bawang merah halus, bawang putih halus, lada halus dan garam, kocok sebentar
3. Campur udang dan daging ikan tenggiri dengan setengah bagian tepung tapioka hingga rata.
4. Masukkan kocokan telur lalu tambahkan dengan sisa tepung. Tuang air secukupnya.
5. Aduk rata, hingga adonan kalis hingga bisa dibentuk bulat.
6.Tuang adonan dalam loyang panjang atau bungkus adonan dengan daun pisang atau plastik bentuk bulat panjang. Kukus hingga matang selama kurang lebih 1-2 jam.
7. Iris tipis atau dengan ketebalan yang diinginkan, jemur hingga benar kering. Agar kerupuk dapat mengembang dengan sempurna.
8. Kerupuk udang siap digoreng.
Selamat mencoba..^_^

No comments: