Thursday 23 May 2013

Roti Tawar 'Loaf Bread'

Sebenarnya roti tawar ini gampang di dapat di toko-toko di mana saja. Tapi alangkah baiknya jika kita mencoba untuk mencoba membuat sendiri roti tawar ini. Alhamdulillah kesampaian juga bikin roti tawar sendiri...dengan kualitas yang terjamin tentunya...rotinya empuuuuk


Pake resepnya bunda Ricke
Dibuat dengan mengunakan loyang 28 x 10 x 10
Jadi adonanya dibuat 1 1/2 kali dari resep

Bahan:
200 gram terigu protein tinggi
50 gram terigu protein sedang
3 gram ragi instant
20 gram gula pasir
10 gram susu bubuk
1 butir telur, kocok lepas
125 ml susu cair dingin ~disesuaikan dengan kondisi tepung, bisa lebih sedikit atau lebih banyak
25 gram butter
3 gram garam halus

Cara membuat:
1. Campurkan bahan kering yaitu terigu, ragi instant, susu bubuk dan gula pasir. Aduk rata.
2.Masukkan telur dan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni. Hentikan penambahan air jika dirasa adonan sudah cukup bisa diuleni. Uleni hingga kalis.
3. Masukkan butter dan garam. Uleni lagi hingga kalis mulus dan elastis.
4. Pindahkan adonan ke atas permukaan meja bersih yang ditaburi sedikit terigu. Uleni lagi sebentar. Bulatkan adonan. Simapan dalam wadah besar yang diolesi dengans edikit minyak. Tutup dengan serbet lembab. Diamkan selama 1 jam atau lebih untuk proses fermentasi atau samapai mengambang 2 x lipat.
5. Kempiskan adonan, pindahkan lagi ke permukaan meja yang diberi sedikit terigu. Uleni lagi sebentar saja. Bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata dan bulatkan. Diamkan 10 menit.
6. Gilas tipiskan masing2 adonan. Gulung sambil dirapatkan. Lakukan sekali lagi (tipiskan dan gulung lagi). Lakukan hal yang sama pada semua adonan.
7. Tata berjejer di dalam loyang yang telah diolesi mentega. Tutup dengan serbet lembab. diamkan 1 jam hingga mengembang. Saat sudah mengembang dan menyisakan space sekitar 1 cm dari tinggi loyang, tutup loyang. Sambil menunggu panaskan oven.
8. Panggang dalam oven bersuhu 170-180'C selama 20-25 menit atau sampai matang.
9. Kelurkan dari loyang, dinginkan. Iris dengan ketebalan sekitar 1 cm atau sesuai selera. Simpan dalam wadah tertutup agar roti tidak cepat kering karena terkena udara. Siap disantap

Selamat mencoba....:)

No comments: