Tuesday 28 May 2013

Tape Singkong Manis


Tape singkong atau disebut juga dengan peyeum sering kita jumpai di pasar-pasar. Tape singkong dibuat dari bahan dasar singkong yang difermentasi dengan menggunakan ragi. Untuk pembuatannya diperlukan 2-3 hari untuk proses fermantasinya. Ada dua teknik dalam membuat tape ini ada yang jenis kering dan ada juga jenis basah atau berair. Dalam pembuatan tape ini, ragi tape mengeluarkan enzim yang dapat memecah atau merubah karbohidrat pada tape menjadi gula. Proses tadi akan membuat tape akan menjadi manis, sehingga tidak perlu menambahkan gula.

Kegagalan dalam proses pembuatan tape biasanya dikarenakan enzim pada ragi tidak pecah apabila terdapat udara yang mengganggu proses pemecahan enzim tersebut

Alhamdulillah dapet rezeki dari tetangga yang baru pulang kampung dapet oleh-oleh singkong..sempet bingung juga mau dibikin apa singkong ini. Dulu setiap menjelang Idul Fitri, ibuku sering membuat tape ketan hitam jadi sedikit banyak untuk proses pembuatannya kurang lebih ga jauh berbeda dengan pembuatan tape singkong ini. Jadi pengen juga bisa bikin tape singkong ini.
Alhamdulillah di sini ga susah untuk mendapatkan raginya di kedai-kedai banyak yang menjual raga. Semakin semangat aj mau bikin hehehheheh.. Karena baru bikin pertama kali nyobainnya ga pake banyak-banyak.
Dan alhamdulillah tapenya manis seperti yang dijual-jual itu loh walaupun tape jenis yang kering hehheh
Walaaah sekarang malah kepikiran pengen bikin sesuatu yang pake tape ini…qiqiiqiqiiqi

Tape Singkong
 by Yuyun ‘Bunda Avis’

Bahan:
500 gram singkong atau ubi kayu
1/2 buah ragi *haluskan
Daun pisang atau plastik untuk membungkus
Wadah

Cara membuat:
1. Kupas singkong, cuci bersih
2. Kukus hingga matang sekitar 15-20 menit
3. Angkat, dinginkan. taburkan ragi hingga merata lalu simpan di wadah yang sudah dialasi dengan daun pisang atau plastik. Tutup rapat.
4. Diamkan hingga 2-3 hari hingga tercium aroma wangi dari tape berarti tape sudah siap untuk dikonsumsi


Selamat mencoba..:)

No comments: