Wednesday 5 June 2013

Egg Rolls


Selalu suka yang namanya eggrolls..dulu sering juga beli yang judulnya M*n*e..tapi hargaya ituloh yang ga nahan..Walaupun kalau makan ini selalu bikin kotor tapi tetep suka. Ini udah kali ketiga nyobain bikin dengan resep yang berbedar..masing-masing punya rasa dan tekstur yang berbeda tergantung sukanya yang mana...Klo saya sih semuanya sukaaa...doyan apa doyan yaa..hehhehe
Kali ini bikin pake resepnya copas dari mbak wiek jacob...

Resep eggrolls ini mempunyai eksturnya lebih padat, gurih dan renyah dibanding eggroll lainnya karna menggunakan santan kental sebagai pengencer adonannya... silahkan mencoba ya
Bahan :
• 10 butir telur segar
• 300 gr gula pasir (boleh tambah atau kurangi sesuai selera)
• 1 sdt garam
• 500 gr terigu 
 • 50 gr tepung beras, boleh juga tepung kanji
• Santan kental secukupnya 


Optional:
Wijen hitam untuk taburan

Caranya :
Telur, gula pasir dan garam di kocok sampai kembang (jangan terlalu kental, karna bukan adonan cake, hehehe) masukkan terigu dan tepung beras sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.. setelah jadi adonan yg kental, baru campurkan santan kental sedikit2 sampai jadi adonan dgn tingkat keenceran yg diinginkan. 

Tuang 1 sdm adonan ke atas cetakan. Tutup dan biarkan hingga matang. Cepit adonan dengan menggunakan sumpit, lidi atau tusuk sate yang dibagian ujungnya diikat dengan karet.
Semakin encer adonan maka akan semakin renyah, harus digulung dengan cepat karena kalau tidak adonan akan semakin cepat kerasnya sehingga menyulitkan pada saat proses menggulung.

*Sebelumnya cetakan (capitan) atau cetakan eggrolls listrik nya di panaskan dulu, jika sudah panas, masukkan adonan pake sendok makan aja, isinya jangan banyak2 krn saat di jepit nanti akan meleber keluar dari cetakannya.. kalo pake cetakan listrik saya biasanya isi hanya stengah sendok makan.. panggang dan jika sudah kuning kecoklatan angkat lalu gulung dgn cepat, biarkan padat, keras dan dingin. simpan di kemasan kedap udara.
Met mencoba ya ...

No comments: