Sunday 25 August 2013

Lapis Legit Kurma

Bismillahirrahmanirrahim...
Alhamdulillah kesampaian juga bikin lapis legit, secara sempet maju mundur mau bikin. Niatnya sih udah lama mau bikin..tapi kebayang ga sih telornya banyak banget, gimana kalo sampe gagal yaa..hehehhe
Belum  lagi proses bakarnya lamaaa, jadi harus dipersiapkan dari segi moril dan materiilnya nih wkwkwkkwwk..

Ini pertama kalinya saya bikin lapis legit ini, tapi sebelumnya saya sering liat kakak saya membuat lapis ini...bener-bener butuh perjuangan deh..belum lagi ada accident pada saat proses waah bikin tambah seru aj qiqiqiqi

Kebetulan juga hari ini di sekolah Avis ada rumah terbuka dan diminta untuk membawa makanan atau kue, Ceritanya potluck dari masing-masing orang tua membawa makanan untuk dinikmati bersama. masih ada kurma di rumah jadinya memutuskan untuk membuat lapis legit kurma, itung-itung sekalian belajar dan siapa tau berbuah orderan hahahhah..aaamiiiiiin

Beli bahan-bahannya baru hari sabtu kemarin, nungguin juragan besar libur baru deh minta anterin belanja perlengkapannya. Niatnya sih sepulang dari belanja langsung mau eksekusi karena malamnya di undang tetangga yang lagi open house.  
Naaah di sinilah accidentnya bermula..bahan-bahannya semua udah siap tapiii pas mau ngocok laaah kok mixernya ga mau hidup..waduuuuh gaswat banget deh..dicoba di tempat lain juga sama ga mau muter..huhuhuhuu
Sempet down juga, udah niat mau bikin jadinya gagal deh...hiks.. Akhirnya kepikiran ya udahlah bawa aj kue kering yang ada di rumah..

Pas curhat ke suami, suami bilang ga enak juga klo ga mau apa2...kalau mau memperpaiki mixer udah ga keburu, lagian kami juga tidak tau tempet service mixer di mana karena kami belum lama pindah ke Johor. Akhirnya diputuskan untuk beli mixer lagi..untung aj tempat belinya ga jauh dari rumah kami..
Tapi kendala lagi,..mixernya udah ada tapi waktunya ga cukup untuk membuat lapis karena harus menghadiri open house.... huhuhuhuhu
Kebayang bahan-bahannya bakal dianggurin, sempet khawatir juga bagaimana nasib ya nih :(

Akhirnya pulang dari open house langsung eksekusi mulai dari jam 12 tengah malem sampai jam 4 pagi..whahahah..kebayang deh cape'nya..tidur hanya sebentar udah harus pergi lagi paginya..
Tapi alhamdulillah semuanya ga sia2 walaupun tuh bahan sempet dianggurin sekitar 8 jam di suhu ruang, kuenya berhasil ditaklukan terbayar sudah dengan hasil yang memuaskan....:)

Kebayang perjuangannya *bahasanya boooo...wkwkkwkw tapi puaaas banget dengan hasil akhirnya...sesuai laaah ^_*
Tapi karena pada saat menekan kurang padat jadinya ada lapisan yang ga nempel dengan sempurna..tapi dari segi rasa ok bangeet dah  ;) 
Resep ini saya dapet dari kakak saya yang udah sering terima  pesenan pake resep ini...lembuuut dan legiit banget deh...ga nyesel pokoknya...heheheh
Kue lapis ini juga lumayan awet bisa tahan sampai lebih kurang 1 bulan jika dismipan di dalam kulkas dalam wadah tertutup.
 Fresh from the oven
Ini dia resepnya:

Resep Lapis Legit Kurma
Source : My beloved sister =Yuyun Bunda Avis=
Loyang uk 20 x 20 x 4 cm

Bahan:
  • 25 butir kuning telur
  • 200 gram gula pasir
  • 300 gram mentega/wisman/ sesuai selera *bisa di mix sesuai selera
  • 10 sdm skm
  • 100 gram susu bubuk full cream
  • Kurma tanpa biji secukupnya *pipihkan
Cara membuat:
  1. Alasi loyang dengan kertas kue, oles dengan mentega. Sisihkan.
  2. Panaskan oven dengan suhu 150'
  3. Kocok mentega dan skm sampai lembut (bisa dengan menggunakan sendok atau mixer). Sisihkan
  4. Kocok telur dan gula pasir sampai putih, masukkan campuran mentega dan skm. Kocok rata.
  5. Tambahkan susu bubuk sedikit demi sedikit. Kocok kembali hingga rata.
  6. Ambil 2-3 sdm adonan lalu tuang ke dalam loyang. Bakar dengan suhu 125' C dengan menggunakan api bawah (sesuaikan dengan kondisi masing2 oven yaa..)
  7. Keluarkan dari loyang. Tusuk dengan menggunakan tusuk gigi agar gelembung2 udara keluar. Lalu ratakan permukaannya sambil di tekan2 dengan penekan agar padat.
  8. Ambil lagi adonan sebanyak 2-3 sdm bakar sampai kecoklatan. Matikan api bawah, lalu nyalakan api atas.
  9. Setelah 3-4 lapis tata kurma yang sudah dipipihkan, lalu tuang adonan. Oven lagi hingga kecoklatan. Lakukan hingga adonan habis.
  10. Untuk lapis terakhir, gunakan api atas dan bawah sebentar saja agar kue matang sempurna

Selamat mencoba..smoga cocok ^_^
 Ini dia hasil yang ga nempel
Selamat Mencoba ^_*

No comments: