Thursday 16 October 2014

PANDAN ECLAIRS

Bismillahirrahmanirrahiim...




Udah sering bikin yang model sus biasa alias yang bulat...kali ini saya n yobain bikin dengan model berbeda hihihi...



Ternyata saya ga terlalu suka bikin dengan model eclairs ini, karena saya kesulitan ketika nyetaknya...alhasil bentuknya jadi ga sama deh...saya lebih senang membuat model sus jadul karena hasilnya bisa seragam heheehhe...





Resep ini sudah menjadi andalan saya, menurut saya resep ini resep anti gagal loh hehheh...
Ini dia resepnya...

ECLAIRS PANDAN
by bundaavis

Bahan A:
  • 250 ml air
  • 100 gram butter
  • 1/4 sdt garam
  • Essesnce pandan secukupnya

Bahan B:
  • 150 gram terigu
  • 3 butir telur ukuran besar / 4 butir telur ukuran kecil

Cara membuat:
  1. Rebus bahan A hingga mendidih, lalu masukkan terigu sambil diaduk cepat. Aduk hingga kalis, angkat lalu dinginkan
  2. Setelah adonan dingin masukkan telur satu persatu sambil di mixer hingga rata.
  3. Siap untuk dicetak menggunakan spuit
  4. Bakar dengan suhu 180'-200' C selama lebih kurang 25 menit atau sampai baerwarna kecoklatan. Angkat, dinginkan. Siap untuk di isi dengan vla, beri topping sesuai selera

Fla:
Bahan:
  • 400 ml susu cair
  • 100 ml krim kental/whipping cream
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdt ekstrak vanili cair

  • 70 gram tepung maizena
  • 2 butir kuning telur
  • 1sdm mentega

 
Cara membuat Fla:
  1. Campur susu, krim kental, vanili, dan gula pasir hingga larut
  2. Masak dengan menggunakan api kecil sampai keluar gelembung-gelembung kecil, Masukkan tepung maizena aduk cepat biarkan hingga meletup
  3. Masukkan kuning telur dan mentega secara bergantian. Aduk rata. Dinginkan siap untuk diisi

Selamat mencoba :)








No comments: